alexametrics

Depok punya Taman Wisata Pasir Putih

loading...
Depok punya Taman Wisata Pasir Putih
Foto: Marieska/Okezone
A+ A-
Sindonews.com - Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) Sapta Niswandar meresmikan Taman Wisata Pasir Putih di Sawangan Depok.

Taman Wisata Pasir Putih merupakan wisata air serta menyediakan berbagai fasilitas outing, playground, flying fox dan pemancingan.

Dalam sambutannya, Sapta mengatakan hal itu merupakan anugerah bagi setiap Kota dan Kabupaten yang bisa memanfaatkan daerahnya menjadi tempat wisata. Sebab, kata dia, wisata sejatinya bermanfaat sebagai sarana hiburan dan ajang berkumpul bersama keluarga.



"Karena enggak semua tempat ada taman wisata seperti ini, harus dijaga kelestariannya. Di tengah mobilitas masyarakat perkotaan, wisata semacam kebutuhan," paparnya di Kelurahan Pasir Putih, Sawangan, Depok, Rabu (5/6/2012).

Sapta menambahkan, wisata belanja di perkotaan biasa dilakukan masyarakat dengan mengunjungi mal. Namun, lanjutnya, sarana ruang terbuka di mal masih kurang jika dibandingkan taman wisata.

"Wisata mal tapi lebih banyak ibu-ibu dan orang tua, anak-anaknya kurang. Anak-anak harus ada unsur mainan hiburan sosialisasi, harus ada ruang bermain. Itulah anak-anak, bisa ekspresikan kegembiraan," jelasnya.

Taman wisata, lanjutnya, juga mampu menstimulasi dan merangsang kegembiraan, mengurangi stres dan kejenuhan. Pariwisata juga mampu memberikan dampak ekonomi dan pengurangan kemiskinan.

"Memberdayakan ekonomi sekitar, ada sarana parkir, minum, makan, lalu ekonomi kreatif berupa souvenir dan kaos. Pajak hiburan atau retribusi wisata juga mendongkrak pajak. Harus dilengkapi dengan sarana pendidikan, dan tentunya harga masuk yang terjangkau, itu penting," ungkapnya.

Pemilik Taman Air Wisata Pasir Putih, Syukur Saka mengatakan sejak dibuka, dalam sepekan saja jumlah pengunjung bisa mencapai 4.000-an orang. Seluruh pengunjung umumnya berasal dari Jabodetabek. "Apalagi kalau lagi liburan, bisa lebih dari 4.000, saya ingin menjadikan taman wisata ini jadi Ancol-nya Depok," imbuhnya.
(gpr)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak