Banjir Duit! Pemodal Ventura Guyur Startup Rp9.652,5 Triliun di 2021

Sabtu, 15 Januari 2022 - 19:56 WIB
loading...
A A A
Perusahaan teknologi terbesar di Eropa berdasarkan kapitalisasi pasar adalah pembuat mesin pembuat chip ASML, yang bernilai lebih dari USD300 miliar. Sementara itu, di AS, beberapa perusahaan bernilai lebih dari USD1 triliun dan Apple sempat melihat kapitalisasi pasarnya naik menjadi lebih dari USD3 triliun awal bulan ini. Memang, raksasa teknologi AS dan Asia telah mengakuisisi banyak perusahaan paling menjanjikan di Eropa, termasuk lab kecerdasan buatan DeepMind dan perancang chip Arm.

Pemodal ventura memompa sebanyak USD328,8 miliar ke perusahaan rintisan AS dan USD61,8 miliar ke perusahaan rintisan China pada tahun 2021. Sementara, mereka hanya menginvestasikan USD39,8 miliar di perusahaan rintisan Inggris. Tetapi investasi VC di Inggris dan Eropa tumbuh lebih cepat daripada di AS dan China.

Beberapa perusahaan rintisan paling terkenal di London, termasuk perusahaan pengiriman makanan Deliveroo dan perusahaan rintisan keamanan siber Darktrace, go public di London Stock Exchange pada tahun 2021. Namun, mereka menerima sambutan beragam dari investor, dan banyak perusahaan rintisan terbesar di Eropa. ups termasuk Spotify masih memilih untuk daftar di New York.



Nazim Salur, pendiri aplikasi pengiriman bahan makanan cepat Getir, mengatakan kepada CNBC pada bulan Desember bahwa Eropa tidak memperlakukan perusahaan teknologi sebaik AS.

"Terlalu banyak skeptisisme (di Eropa)," kata dia seraya menambahkan bahwa hal ini berasal dari investor dan pembuat kebijakan. Dia mengatakan, Getir yang baru-baru ini bernilai USD7,5 miliar kemungkinan besar akan terdaftar di AS jika go public. Hal ini menurutnya sedang dalam pembicaraan dengan investor tentang putaran baru pendanaan swasta yang menurut Bloomberg akan bernilai lebih dari USD12 miliar.

Menurut Salur, meski Eropa memiliki ekonomi yang sangat kuat secara keseluruhan dan merupakan pemain yang kuat di bidang manufaktur mobil, farmasi, mode dan industri lainnya, hal itu tidak sama dalam hal startup.

"Ada beberapa startup yang bagus. Tetapi ketika Anda melihat banyaknya daftar unicorn misalnya, sekitar 800 perusahaan, setengahnya dari AS dan sepertiganya dari China. Sisanya adalah seluruh dunia. Sayangnya Eropa tidak terwakili sebagaimana mestinya," tuturnya.
(fai)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1917 seconds (0.1#10.140)