alexametrics

Asia Tenggara & Amerika Latin bisa saling menguntungkan

loading...
Asia Tenggara & Amerika Latin bisa saling menguntungkan
Ilustrasi
A+ A-
Sindonews.com - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) memastikan negara-negara di Asia Tenggara memiliki peluang yang besar untuk berkolaborasi dengan negara-negara di Amerika Latin, begitupun sebaliknya. Pasalnya selain data-sata yang mendukung kekuatan di dua belahan dunia tersebut, banyak sektor yang juga bisa dikembangkan.

Pertama, SBY menyampaikan kolaborasi yang dapat dilakukan adalah dari sisi konektivitas. Menurutnya, dengan mengoptimalkan hal ini, frame kerja dari masing-masing negara dapat menyatu. Kedua, dirinya melanjutkan, untuk berkolaborasi dalam peningkatan fasilitas dua arah di masing-masing negara.

"Sehingga dengan konektivitas yang sudah bagus, laju ekonomi akan berjalan mudah, dan perdangangan yang terjadi nantinya efisien dan menguntungkan," ujar Presiden saat membuka acara Asean Latin Business Forum di Hotel Shangrilla, Jakarta, Senin (9/7/2012).



Kemudian yang ketiga menurut SBY adalah kolaborasi pada perdagangan dan investasi. Ada semacam kerja keras untuk menyatukan visi dan menuju green economy.

"Bersama dalam forum ini, sesuai dengan tema kita ingin untuk saling bekerjasama mewujudkan masa depan, dan memastikan negara-negara di dua wilayah ini masuk dalam pertumbuhan strategi pengembangan nasional," jelasnya.

SBY juga mengingatkan, untuk tidak melupakan fakta kondisi krisis Uni Eropa yang menghadang. Krisis tersebut, diakui berdampak sangat buruk, apalagi untuk negara-negara dalam kategori berkembang.

"Hal ini membuat business forum saat ini sangat relevan. Dan kita membuat kerja sama ekonomi antara Asean dan Amerika Latin dan Karibia bahkan lebih mendesak, terutama mengingat bahwa kita berada di tengah-tengah perlambatan ekonomi global," pungkasnya.
(gpr)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak