Pemerintah tak mampu tangani Merak sendiri

Senin, 09 Juli 2012 - 12:19 WIB
Pemerintah tak mampu tangani Merak sendiri
Pemerintah tak mampu tangani Merak sendiri
A A A
Sindonews.com - Pemerintah belum dapat memastikan kapan penyelesaian gangguan transportasi yang seringkali terjadi di pelabuhan Merak. Gangguan yang diketahui merugikan berbagai pihak tersebut, dikhawatirkan akan terus terjadi tanpa solusi berarti.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Hatta Rajasa mengatakan, dalam persoalan ini sangat bergantung pada pihak swasta. Bantuan tersebut ditujukan untuk memperbaiki dermaga maupun penambahan kapal-kapal.

"Jangka pendek itu hanya ada dua saja. Pertama bangun tambahan dermaganya, dan secara konsisten harus ada kapal beroperasi paling tidak ada 26 kapal," ujar Hatta saat ditemui pada acara ASEAN Latin Business Forum di Hotel Shangrilla, Jakarta, Senin (9/7/2012).

Sehari sebelumnya, antrean truk ini sedikit teratasi setelah PT Angkutan Sungai, Danau, dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry Cabang Utama Merak mengoperasikan 26 kapal roll on-roll off (ro-ro). Ke-26 kapal ro-ro ini mampu melakukan perjalanan hingga 86 trip per hari.

Hatta menegaskan bahwa cara tersebut hanya sementara, karena kedepan juga kualitas kapal juga harus menjadi perhatian penting. "Itu juga kapalnya juga harus yang tangguh. Jangan usianya yang sudah 30 tahun ke atas yang sebentar-sebentar rusak, tapi juga harus ada manajemen, harus kita perbaiki," jelasnya.

Pentingnya peran swasta, Hatta menambahkan, sangat membantu pemerintah juga ditengah anggaran negara yang tidak mencukupi. Akan tetapi, minimnya swasta melakukan pengembangan pada sektor perkapalan menurutnya juga dipengaruhi oleh tarif yang tidak kompetitif.

"Oleh sebab itu, mungkin perlu kita pikirkan, semacam jual tarif, ada yang tarif layanan cepat, tapi juga harganya relatif tinggi sedikit. Yang konvensional sekarang tetap berjalan, sampai nanti kita punya jembatan Selat Sunda," pungkasnya.
(and)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.8959 seconds (0.1#10.140)