alexametrics

5 sektor prioritas perdagangan di Amerika Latin

loading...
5 sektor prioritas perdagangan di Amerika Latin
ilustrasi Foto: Corbis
A+ A-
Sindonews.com - Pertemuan pemerintah Indonesia dengan negara-negara di Amerika Latin sudah untuk ketiga kalinya. Setelah beberapa waktu lalu pemerintah Indonesia yang berkunjung kesana, kali ini perwakilan dari negara-negara tersebut juga kembali bertemu di ASEAN Latin Business Forum di Indonesia.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Hatta Rajasa berharap dalam pertemuan ketiga ini para pengusaha lokal dapat memainkan perannya dan merealisasikan target perdagangan yang dicanangkan.

Hatta mengungkapkan lima sektor yang akan menjadi prioritas dalam perdagangan dengan negara-negara di Amerika Latin. Pertama, menurutnya sektor energi, baik dari ketersediaan, efesiensi dan Energi Baru dan Terbarukan (EBT).



"Yang kedua yang tidak kalah pentingnya adalah, mengingat meningkatnya kelas menengah di Latin Amerika, dan Asean, maka sektor tourism itu menjadi sangat penting, artinya konectivity itu menjadi persoalan penting bagi kita untuk mengembangkan. Kalau tidak ada konektivitasnya, sulit bagi people to people untuk melakukan interaksi," ujar Hatta di Jakarta, Senin (9/7/2012)

Ketiga, Hatta melanjutkan adalah sektor makanan. Dalam hal ini, baik dari sisi pertanian dan peternakan harus dioptimalkan. Keempat, adalah pengembangan hasil tambang mineral yang bersifat underground

"Terakhir di trade and investment. Dalam arti yang luas komoditi-komoditi kita, jadi saya melihat positif ini untuk dikembangkan. Tapi selama ini itu tidak digarap dengan baik," pungkasnya.
(and)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak