alexametrics

Presiden Republik Ceko ajak pengusaha investasi di RI

loading...
Presiden Republik Ceko ajak pengusaha investasi di RI
Ilustrasi
A+ A-
Sindonews.com - Presiden Republik Ceko Vaclav Klaus mengajak pebisnis ternama di negaranya untuk berinvestasi di Indonesia. Presiden Klaus menilai, Indonesia saat ini menjadi salah satu negara yang tepat untuk meningkatkan kerja sama di bidang ekonomi.

”Untuk menghindari dampak negatif dari krisis euro zone, saya melihat Indonesia merupakan negara yang potensial untuk meningkatkan kerja sama di bidang ekonomi dan bisnis,” ungkap Klaus dalam keterangan persnya di Istana Merdeka, Jakarta, kemarin.

Menurutnya, Indonesia di bawah pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menjadi negara yang berkembang pesat dan selalu memiliki pertumbuhan ekonomi positif. Klaus mengatakan, Indonesia saat ini jauh berbeda bila dibandingkan pada 1994, saat pertama kali dirinya berkunjung ke Jakarta.



”Hari ini saya berkunjung ke Indonesia mendapatkan informasi yang sangat penting dan Indonesia sekarang sangat terbuka bila dibandingkan pada 1994. Saya melihat dengan mata saya sendiri, hasil dari pembangunan di bawah Presiden SBY sangat sukses dan ini sangat penting untuk masa mendatang,” katanya.

Presiden Republik Ceko Vaclav Klaus didampingi Ibu Negara Livia Klausova melakukan kunjungan kenegaraan ke Indonesia dan mendaratkan pesawatnya pada Minggu (8/7) di Yogyakarta. Kunjungan ini dalam rangka memenuhi undangan Presiden SBY.

Sementara itu, Presiden SBY menegaskan, hubungan kedua negara sampai saat ini terus berjalan baik dan berkembang. Presiden mencontohkan hubungan perdagangan bilateral meningkat secara signifikan sejak 2010 hingga 2011.

”Meski nilainya masih relatif kecil, kita ingin kerja sama kedua negara lebih besar lagi,” ujar mantan menteri energi dan pertambangan ini.

Dalam pertemuan bilateral, Presiden SBY dengan Presiden Klaus membahas tiga hal utama kerja sama antarkedua negara.

Ketiga kerja sama itu adalah perdagangan,investasi,dan pariwisata. Kemudian kerja sama di bidang green economic,energi terbarukan, dan industri pertahanan.

Presiden menambahkan, Indonesia masih melihat ruang yang sangat terbuka untuk meningkatkan investasi dan perdagangan antarkedua negara.

Menteri Perindustrian MS Hidayat mengatakan, investor Ceko tertarik untuk berinvestasi di sejumlah sektor seperti permesinan, militer,dan farmasi.

Dia menjelaskan, hal tersebut dibahas ketika pihaknya bertemu Presiden Republik Ceko Vaclav Klaus serta 17 pengusaha asal Ceko. Para pengusaha Ceko itu bergerak di sektor alat-alat mesin, kristal, perbankan, militer, farmasi, dan lembaga keuangan.

”Mereka menyatakan kesiapannya untuk membangun pabrik di Indonesia,” kata Hidayat dalam acara Indonesia-Czech Business Seminar di Jakarta kemarin.
(gpr)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak