PT Inka siapkan 30 gerbong ekonomi AC

Kamis, 12 Juli 2012 - 12:29 WIB
PT Inka siapkan 30 gerbong ekonomi AC
PT Inka siapkan 30 gerbong ekonomi AC
A A A
Sindonews.com - PT Industri Kereta Api (Inka) sedang menyelesaikan 30 gerbong ekonomi berpendingin udara atau air conditioner (AC). Gerbong ekonomi AC ini bakal dioperasikan untuk mendukung angkutan Lebaran pada arus mudik tahun ini.

“Pengerjaannya sudah tinggal 20-30 persen. Akhir Juli nanti rencananya akan diuji coba,” kata Direktur Administrasi dan Keuangan PT Inka Bambang Soendjaswono, Kamis (12/7/2012).

Tahun ini, PT Inka mendapat pesanan 50 unit gerbong ekonomi AC dari Direktorat Jenderal (Ditjen) Perkeretaapian Kementerian Perhubungan. Dari jumlah tersebut, 30 unit untuk angkutan Lebaran dan 20 unit untuk Natal dan Tahun Baru. ”Kapasitas per gerbongnya sebanyak 106 kursi duduk,” ujar juru bicara PT Inka Fathor Rasid.

PT KA Daerah Operasi (Daop) VII Madiun juga telah menyiapkan dua gerbong kereta ekonomi AC. Namun secara fisik berbeda dengan ekonomi pesanan Ditjen Perkeretaapian buatan PT Inka.

KA ekonomi AC yang disiapkan PT KA Daop VII hanyalah KA ekonomi bekas yang dilengkapi AC. Sementara KA ekonomi AC yang dibuat PT Inka relatif baru baik dari konstruksi gerbong, instalasi mesin, dan suku cadang lain.

“Dua gerbong KA ekonomi AC ini akan dimasukkan dalam rangkaian KA ekonomi reguler jarak jauh,” kata Kepala PT KA Daop VII Mohamad Maula Nurcholis.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4971 seconds (0.1#10.140)