alexametrics

Pertumbuhan listrik konsumen RT menengah 20%

loading...
Pertumbuhan listrik konsumen RT menengah 20%
Ilustrasi
A+ A-
Sindonews.com - Direktur Utama PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) Nur Pamudji memastikan pertumbuhan konsumsi listrik untuk konsumen rumah tangga (RT) menengah mencapai 20 persen. Hal ini disebabkan dengan berubahnya pola hidup dari konsumen rumah tangga menengah.

"Konsumen listrik ketika pendapatan masih dibawah 3 ribu dollar masih menyalakan lampu sama pompa air dan kulkas kecil. Ketika pendapatan di atas 3 ribu saat ini orang Indonesia pendapatannya per kapita sudah 3 ribu dollar per kapita orang beli AC, kulkasnya dulu pendek sekarang lebih tinggi dari orang, kamar pakai AC," papar Direktur PLN Nur Pamudji usai Seminar Menggagas Kebijakan Subsidi Listrik yang Sehat dan Berkeadilan Melalui Service Level Agreement di Jakarta, Rabu (18/7/2012).

"Oleh karena itu konsumsi listrik tumbuhnya luar biasa. Di kalangan menengah pertumbuhannya padahal pertumbuhan ekonomi hanya 6,3 persen," tambahnya.

Sedangkan pertumbuhan penjualan tenaga listrik semester satu tahun ini sebesar 10,3 persen, year on year. "Periode semester tahun ini dibanding semester 1 sebelumnya kalau trend ini akan berlanjut dan kondisi ekonomi Indonesia kira-kira tetap," urainya.



PLN juga memperkirakan pertumbuhan listrik hingga akhir tahun 2012 ini dapat mencapai di atas 9 persen. Pertumbuhan ini akan lebih tinggi daripada prediksi estimasi APBNP yang hanya 7 persen.

"Saya perkirakan pertumbuhan sampai akhir tahun nanti kira-kira diatas 9 persen per tahun year on year," pungkasnya.
(gpr)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak