alexametrics

Produksi beras ditarget 41 juta ton

loading...
Produksi beras ditarget 41 juta ton
Ilustrasi
A+ A-
Sindonews.com - Kementerian Pertanian (Kementan) menargetkan produksi beras di 2012 mencapai 41 juta ton atau setara 74,1 juta ton gabah kering giling. Angka tersebut naik sebesar 7,9 persen dari target produksi beras tahun ini yang diperkirakan 38 juta ton atau setara 70,6 juta ton gabah kering giling.

Demikian disampaikan Anggota DPR RI Komisi IV Ma’mur Hasanuddin dalam keterangan tertulisnya kepada Okezone, Minggu (22/7/2012).

Menurutnya, kenaikan produksi dilakukan sebagai upaya mengejar target swasembada di 2014 dan surplus beras 10 juta ton dalam lima sampai sepuluh tahun mendatang. "Untuk mendukung pencapaian itu, Kementerian Pertanian mendapat dana subsidi pangan sebesar Rp41,9 triliun," ungkapnya.



Berdasarkan survei Biro Pusat Statistik (BPS) akan terjadi surplus sebesar lima juta ton. Bulog sampai hari ini sudah mampu menyediakan beras sebanyak 2,5 juta ton.

"Artinya 50 persen dari surplus itu sudah dikuasai oleh Bulog. Sementara untuk persediaan beras selama Ramadan dan Idul Fitri, Bulog mengklaim sudah ada stok beras sebanyak 468 ribu ton," pungkasnya.
(gpr)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak