alexametrics

Emas Martabe dijual ke pasar spot

loading...
Emas Martabe dijual ke pasar spot
Ilustrasi
A+ A-
Sindonews.com - G-Resources Group Limited, perusahaan yang tercatat di bursa Hong Kong, melalui anak usahanya, PT Agincourt Resources, sebagai pemilik tambang emas Martabe di Sumatera Utara, berhasil melakukan uji coba awal pabrik pengolahan bijih (smelter) emas dan perak.

Rencananya produk Martabe akan dijual ke pasar spot agar produknya bisa langsung terserap.

Manajer Komunikasi G-Resources Martabe Katarina Hardono mengatakan, langkah tersebut menjadi aksi korporasi yang sangat penting.



”Ini menandai tonggak sejarah penting dalam perjalanan tambang emas Martabe menjadi berkelas dunia yang pertama berproduksi di Sumatera Utara,” kata Katarina dalam keterangan tertulisnya belum lama ini.

Menurut dia, hasil uji coba awal pabrik pengolahan bijih menghasilkan batangan emas bercampur perak pertama yang dihasilkan dari tungku di ruang pengolahan bijih, Selasa 24 juli 2012 lalu.

Acara penuangan emas pertama tersebut disaksikan oleh Chairman G-Resources Group Ltd Chiu Tao, didampingi kedua wakil chairman yakni Owen Hegarty dan Or Ching Fai, serta Presiden Direktur Peter Albert, jajaran direktur dan manajemen senior beserta staf operasional.

Hadir pula Bupati Tapanuli Selatan dan jajaran staf kabupaten, perwakilan pemerintah Provinsi Sumatera Utara, serta tokoh-tokoh masyarakat setempat.

Dia menjelaskan, kegiatan uji coba di pabrik pengolahan telah berlangsung selama dua bulan. Saat ini beberapa proses akhir produksi dan sarana penunjang terkait masih harus diselesaikan.
Sementara, tambang dan pabrik pengolahan akan terus meningkatkan kapasitas hingga berproduksi penuh dalam beberapa bulan ke depan.

Direktur Utama G-Resources Peter Geoffrey Albert menyatakan, perseroan optimistis harga emas dunia tidak akan turun signifikan sehingga perusahaan tidak mengikat kontrak penjualan.

”Harga emas masih di level yang ekonomis dan tidak akan turun tajam meski kondisi ekonomi saat ini kurang baik,” kata Albert.

Diketahui, tambang emas Martabe terletak di sisi barat pulau Sumatera, Kecamatan Batang Toru, Provinsi Sumatera Utara, dengan luas wilayah 1.639 km persegi, di bawah kontrak karya generasi keenam yang ditandatangani April 1997.

Tambang emas Martabe memiliki sumber daya 7,86 juta ounce emas dan perak 73,48 juta. Kapasitas produksi per tahun sebesar 250.000 ounce emas dan 2–3 juta ounce perak berbiaya rendah.
(gpr)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak