Wujudkan Resolusi Kebiasaan Menabung, Ikuti 4 Tips Pintar dari MotionBanking Ini

Kamis, 20 Januari 2022 - 14:50 WIB
loading...
Wujudkan Resolusi Kebiasaan Menabung, Ikuti 4 Tips Pintar dari MotionBanking Ini
MotionBanking memberikan 4 tips menabung pintar. FOTO/MNC Media
A A A
JAKARTA - Banyak masyarakat khususnya anak-anak muda yang ingin memulai kebiasaan untuk menabung di tahun 2022 ini. Menabung sendiri mungkin terdengar mudah untuk dimulai, namun banyak masyarakat kesulitan untuk konsisten menjalankannya dalam jangka waktu yang lama.

Direktur Bisnis Digital PT Bank MNC Internasional Tbk Teddy Tee menjelaskan, “Kita harus mengetahui apa faktor yang menyebabkan kita menjadi kesulitan dalam menabung, misalkan ada yang namanya ‘impulsive buying’ di mana pengeluaran tersebut sifatnya spontanitas tanpa adanya perencanaan."

Selain itu, ujar Teddy, ada juga anak-anak muda yang menilai kebiasaan boros mereka dengan alasan 'self-rewarding', di mana mereka ingin memberikan hadiah untuk diri mereka sendiri atas kerja keras mereka dalam bekerja.



Lebih lanjut, Teddy mengatakan bahwa tidak ada yang salah dalam mengeluarkan uang. Namun, lebih baik pengeluaran itu dikendalikan oleh perencanaan diri yang matang.

“Jika ingin membeli sesuatu yang diinginkan walaupun harganya mahal sebenarnya tidak apa-apa, hanya saja setiap pengeluaran baiknya dapat kita kendalikan melalui perencanaan yang matang sehingga kesehatan finansial kita tetap terjaga," tutur Teddy.

Untuk mendukung masyarakat khususnya anak-anak muda dalam membangun kebiasaan menabung, MotionBanking memberikan 4 tips menabung pintar sebagai berikut:

1. Keinginan vs. kebutuhan
Anak-anak muda harus bisa membedakan antara apa yang menjadi keinginan dan apa yang menjadi kebutuhan. Hal ini perlu diketahui agar anak-anak muda lebih pintar dalam mengeluarkan uang dan membangun perencanaan finansial.

2. Mulai dari kecil
Terkadang anak-anak muda memiliki persepsi bahwa menabung haruslah dalam jumlah yang besar. Hal fundamental yang harus dilakukan dalam membangun kebiasaan menabung adalah seberapa konsisten Anda bisa melakukannya.

Hal yang terpenting bukanlah jumlah uang yang dapat disisihkan untuk ditabung, namun seberapa lama Anda bisa menjaga kebiasaan menabung tersebut.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1012 seconds (0.1#10.140)