alexametrics

Harga emas masuk pola konsolidasi

loading...
Harga emas masuk pola konsolidasi
Ilustrasi
A+ A-
Sindonews.com - Setelah Federal Reserve AS tidak mengeluarkan QE3 dan tidak memberikan petunjuk yang jelas ke pasar kapan akan melakukannya membuat harga emas kembali masuk ke dalam pola konsolidasi.

Harga emas mendapatkan momentum penurunan dengan resisten di kisaran USD1,611 per troy ons dan potensi target ke area USD1,587.

Data yang patut diwaspadai pelaku pasar hari ini adalah lelang obligasi spanyol tenor 10 tahun, konferensi pers bank sentral Eropa (ECB) setelah pengumuman suku bunganya, dan data klaim tunjangan pengangguran mingguan Amerika Serikat.



Lelang obligasi tenor 10 tahun Spanyol yang akan diselenggarakan sore ini menjadi sorotan pelaku pasar untuk mengetahui apakah para kreditor masih mempercayai kemampuan Spanyol untuk membayar hutangnya. Tingkat imbal hasil yang naik akan menandakan bahwa Spanyol semakin beresiko dan ini bisa melemahkan euro.

Konferensi pers ECB sangat ditunggu pasar setelah Presiden ECB Mario Draghi menjanjikan bahwa ECB akan melakukan segala cara untuk mempertahankan euro pekan lalu.

Hanya saja kebijakan yang stimulatif tentunya dapat merosotkan nilai euro namun bisa mendukung kenaikan harga emas. Acara ini akan digelar pukul 19.30 WIB.

Data tenaga kerja AS masih menjadi sorotan pasar. Terbukti, data tenaga kerja yang disurvei ADP kemarin malam lebih bagus dari prediksi analis langsung direspon dengan penguatan dollar AS dan menurunkan harga emas. Data ini juga akan membawa efek yang sama dengan prediksi 375 ribu dan akan dirilis pukul 19.30 WIB

Ariston Tjendra
Head of Research and Analysis
PT Monex Investindo Futures
(gpr)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak