Viral! Klaten Kini Punya Jembatan Gantung dan Gondola Membelah Jurang

Jum'at, 21 Januari 2022 - 10:56 WIB
loading...
Viral! Klaten Kini Punya Jembatan Gantung dan Gondola Membelah Jurang
Klaten, Jawa Tengah kini punya jembatan gantung dan gondola yang ramai dikunjungi wisatawan. FOTO/IST
A A A
JAKARTA - Klaten , Jawa Tengah kini punya jembatan gantung yang ramai dikunjungi wisatawan. Jembatan Girpasang yang terletak di Desa Tegalmulyo, Pemalang sepanjang 120 meter dengan nilai Rp3,2 miliar itu baru saja diresmikan pemerintah.

"Jembatan dibangun utamanya untuk mempermudah akses anak-anak sekolah, pasar, tempat kerja dan mengurus administrasi ke kantor kelurahan dan menjalin silaturahmi antarwarga," kata Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono saat meresmikan jembatan Gantung Girpasang, di Pemalang, Klaten, baru-baru ini seperti dikutip dari pernyataan resmi, Kamis (21/1/2022).



Dia mengatakan, jembatan Gantung Girpasang dibangun untuk menghubungkan Dusun Beringin dengan Dusun Girpasang yang dulu aksesnya terisolir. Dengan adanya jembatan gantung membelah jurang tersebut, dapat menghemat waktu tempuh yang semula 15-30 menit menjadi 3-5 menit.

Selain itu, menjadi destinasi wisata yang cukup populer di kalangan wisatawan lokal, ditambah dengan adanya gondola untuk alat angkut orang yang dibangun pada tahun 2021.

Direktur Pembangunan Jembatan Kementerian PUPR Yudha Handita menjelaskan bahwa sebelum ada jembatan gantung ini, akses Dusun Girpasang dilalui dengan jalan setapak naik turun jurang sedalam 150 meter dan 1.001 anak tangga.

Baca Juga: 5 Umbul Eksotis di Klaten yang Wajib Dikunjungi, Nomor 3 Mirip Ubud Bali

Kondisi tersebut juga mengakibatkan keterbatasan mobilisasi barang karena memanfaatkan alat transportasi berupa gondola kayu sederhana yang digunakan untuk mengangkut pakan ternak maupun hasil bumi penduduk setempat.

"Dengan adanya jembatan ini mempermudah mobilitas masyarakat Tegalmulyo sehingga diharapkan dapat meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat setempat," pungkasnya.

(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2041 seconds (0.1#10.140)