Okupansi turun, MICE jadi andalan hotel

Senin, 06 Agustus 2012 - 15:50 WIB
Okupansi turun, MICE jadi andalan hotel
Okupansi turun, MICE jadi andalan hotel
A A A
Sindonews.com - Tingkat okupansi sejumlah hotel di DIY, mengalami penurunan pada bulan puasa ini. Beruntung Ramadan tahun ini bersamaan dengan waktu liburan di Eropa. Layanan meeting, incentive, convention dan exhibition (MICE), menjadi salah satu alternatif untuk meningkatkan okupansi.

Sekretaris Perhimpunan Hotel dan Restoran (PHRI) DIY Deddy Pranowo Eryono mengatakan, puasa selalu berpengaruh terhadap okupansi hotel. Sebab wisatawan yang datang di DIY, masih didominasi wisatawan lokal. Praktis puasa selalu berdampak terhadap okupansi ini.

“Untung di Eropa merupakan masa liburan jadi banyak wisatawan asing yang datang,” tegas Deddy.

Menurutnya, layanan MICE menjadi salah satu program andalan yang ditawarkan oleh hotel. Tidak hanya di hotel bintang, banyak hotel non yang juga memiliki ruang pertemuan.

Bahkan, MICE di Yogyakarta juga cukup diminati sejumlah negara di Asia Tenggara. Malaysia dan Singapura merupakan dua negara yang paling sering menggelar acara di hotel di Yogyakarta. “Semuanya tergantung budget, kerap acara pemda juga dilaksanakan di hotel non bintang,” jelasnya.

Kabid Statistik Distribusi Badan Pusat Statistik (BPS) DIY, Haryono mengatakan, dari survei yang dilakukan pada Juli lalu Tingkat Hunian Kamar (TPK) hotel bintang DIY sebesar 58,30 persen, atau naik 2,24 persen. Sedangkan TPK hotel non bintang mencapai 38,61 persen atau meningkat 0,92 persen.

Tingginya tingkat hunian ini juga ikut dipengaruhi dari maraknya pelaksanaan meeting, intensif, convention and exhibition (MICE). Rata-rata tingkat menginap tamu di hanya 1,81 malam. “Selama puasa TPK ini akan turun, dan akan kembali membaik usai Lebaran,” jelas Haryono.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4629 seconds (0.1#10.140)