Jadi Harta Karun yang Diburu Dunia, Ini Manfaat Rare Earth yang Ada di Lumpur Lapindo

Minggu, 23 Januari 2022 - 13:35 WIB
loading...
Jadi Harta Karun yang Diburu Dunia, Ini Manfaat Rare Earth yang Ada di Lumpur Lapindo
Rare earth digunakan untuk sejumlah industri strategis. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Badan Geologi menemukan adanya kandungan mineral super langka bernama logam tanah jarang atau rare earth di lumpur Lapindo , Sidoarjo, Jawa Timur. Logam ini memiliki banyak manfaat dan telah diburu sejak abad ke-18.



Mengutip berbagai sumber, Minggu (23/1/2022), logam tanah jarang digunakan untuk menyempurnakan produk teknologi terutama di bagian lapisan layarnya. Logam ini juga memiliki kekuatan magnet yang cukup besar sehingga dimanfaatkan untuk pembuatan neomagnet.

Tak hanya di sisi teknologi, di sisi otomotif, logam ini menjadi baha baku pendukung mobil listrik, mulai dari tenaga penggerak mobil sampai logam pelapis kendaran listrik. Material super langka ini mampu menambah kekuatan logam lainnya.



Mineral ini juga mendukung produksi alutsista seperti satelit, rudal, laset dan lainnya. Manfaat lainnya adalah menjadi bahan baku pembuatan pembangkit listrik, penyimpanan listrik, pendukung tambang, hingga mendukung produk teknologi untuk mendeteksi kanker dan jenis penyakit lain.

(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1985 seconds (0.1#10.140)