Pembangunan Waduk Kamal Jakarta Barat Masih Proses Pembebasan Lahan

Senin, 24 Januari 2022 - 04:39 WIB
loading...
Pembangunan Waduk Kamal Jakarta Barat Masih Proses Pembebasan Lahan
Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Barat sedang membuat waduk Kamal untuk menampung debit air hujan. Foto/Ilustrasi/Dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Barat sedang membuat waduk untuk menampung debit air hujan. Waduk itu dibuat untuk mengatasi masalah banjir di Kawasan Tegal Alur, Jakarta Barat.

Kepala Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta Yusmada Faisal mengungkapkan waduk tersebut sedang dirancang. Pihaknya saat ini tengah fokus melakukan pembebasan lahan.

"Nah di utara sekitaran Hutan Mangrove itu ada tanah seluas 15 hektare yang rencananya kita garap untuk folder itu," kata Yusmada saat dikonfirmasi pada Senin (24/1/2022).





Selain membuat waduk, Pemprov DKI Jakarta juga akan membuat tanggul-tanggul di seluruh bantaran kali agar luapan air tidak tumpah secara deras ke jalan dan pemukiman warga. Termasuk dalam hal ini, pihaknya juga akan membuat katup pompa supaya air yang menggenangi jalan dan pemukiman warga dengan segera bisa disedot.

"Waduk Kamal sedang dalam proses pembebasan lahan di dekat pompa itu, nah di dekat pompa itu di dekat selatan pompa dikit GOR Kamal," katanya.

Sementara itu, Wali Kota Jakarta Barat Yani Wahyu Purwoko menambahkan, pihaknya sudah melakukan evaluasi bersama Dinas SDA DKI Jakarta untuk menangani banjir di sana. Sebab, yang terdampak banjir di Kawasan Tegal Alur ada dua wilayah dan berhimpit dengan Kali Apuran dan Kali Semonggol.

"Tentunya ini adalah kebijakan dari Dinas Sumber Daya Air, saya bersikap hanya dukungan dan usulan," pungkasnya.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1382 seconds (0.1#10.140)