Pemerintah belum ada rencana naikkan harga BBM

Selasa, 28 Agustus 2012 - 11:43 WIB
Pemerintah belum ada rencana naikkan harga BBM
Pemerintah belum ada rencana naikkan harga BBM
A A A
Sindonews.com - Pemerintah mengakui belum ada rencana untuk menaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) Bersubsidi di tahun 2013. Walaupun diketahui jika ada kenaikan, kuota 46 juta kilo liter (KL) pada asumsi makro 2013 akan cukup.

Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi (Migas) Evita Legowo, bahkan mengatakan jika ada kenaikan kuota BBM cukup 44 juta KL. "46 juta KL itu belum termasuk jika ada kenaikan harga BBM, karena jika ada itu 44 juta KL," kata Evita di kantor Kementerian ESDM, Jakarta, Selasa (28/8/2012).

Lanjutnya, pemerintah akan tetap fokus pada langkah penghematan yang saat ini juga sedang berlangsung. Selain itu, dari Dirjen Migas sendiri juga sedang menyusun sistem pengalokasian kepada pengguna dimana akan dipaparkan terlebih dahulu ke Komisi VII Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI.

"Kayak semacam ada penjatahan itu, tapi masih dalam pembicaraan , di dalam rangka mencapai supaya gak jauh-jauh amat (dari kuota)," jelasnya.

Terkait ketentuan kenaikan harga, Evita menegaskan bahwa tidak akan sama dengan aturan yang tertera pada APBN P 2012. Dimana saat itu ditetapkan, harga BBM Bersubsidi dapat naik jika harga ICP berada 15 persen di atas asumsi selama enam bulan berturut-turut.

"Kalau 2013 beda lagi aturannya. Kalau toh mau, tapi kita tidak mempunyai rencana itu," pungkasnya.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0247 seconds (0.1#10.140)