Pelemahan rupiah masih aman

Jum'at, 31 Agustus 2012 - 15:49 WIB
Pelemahan rupiah masih aman
Pelemahan rupiah masih aman
A A A
Sindonews.com - Bank Indonesia (BI) mengakui pelemahan nilai tukar rupiah yang terjadi akhir-akhir ini masih sejalan dengan fundamental ekonomi Indonesia dan pergerakan ekonomi dunia.

"Jadi apa yang terjadi akhir-akhir ini memang perekonomian dunia bergeraknya begitu, memang kita melihat fundamental ekonomi kita perlu ada sedikit pelemahan," kata Gubernur BI, Darmin Nasution di kantornya, Jakarta, Jumat (31/8/2012).

Dia menuturkan, selama ini upaya bank sentral dalam menjaga fluktuasi rupiah masih terbilang sederhana. Dimana BI menjaga agar pergerakan nilai tukar tidak terlalu tajam.

"Kalau harus arahnya melemah kita menjaga supaya jangan terlalu cepat melemahnya atau kalau dia harus menguat juga kita tidak akan lawan, hanya kita jaga agar tidak terlalu cepat," jelasnya.

Sementara itu, untuk intervensi rupiah, ada berbagai indikator hal yang menjadi perhatian BI ,di antaranya pergerakan inflasi, neraca pembayaran Indonesia, dan fundamental ekonomi.

"Kita akan tetap ada intervensi tapi kita perhatikan fundamentalnya apa semuanya, jadi kita tidak biarkan ini. Kalau saya mengatakan fundamental ekonomi kita, itu di dalamnya ada persoalan inflasi, neraca pembayaran," pungkasnya.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4056 seconds (0.1#10.140)