JAL targetkan raup Rp80,7 triliun dari IPO

Selasa, 11 September 2012 - 10:45 WIB
JAL targetkan raup Rp80,7 triliun dari IPO
JAL targetkan raup Rp80,7 triliun dari IPO
A A A
Sindonews.com - Maskapai Japan Airlines (JAL) menargetkan meraup dana 660 miliar yen (USD8,5 miliar) atau setara Rp80,7 triliun dari penawaran umum saham perdana (initial public offering/IPO) pada 19 September mendatang.

IPO tersebut diperkirakan tercatat sebagai yang terbesar kedua tahun ini setelah Facebok sebesar USD16 miliar yang melantai di Bursa New York, Amerika Serikat (AS) 18 Mei lalu.

JAL mengklaim IPO tersebut mendapatkan respons positif dari investor. JAL bangkit kembali pascaberlindung di bawah undangundang kepailitan pada 2010 lalu.

Adapun target dana IPO itu diperoleh setelah perusahaan milik pemerintah tersebut menawarkan harga 3.790 yen (USD48,55) per saham. Sebelumnya, JAL menawarkan harga IPO tersebut pada kisaran 3.500–3.790 yen.

Jumlah dana yang bakal diperoleh dari IPO tersebut hampir dua kali lipat dibanding dana talangan dari Pemerintah Jepang sebesar 350 miliar yen yang disalurkan melalui Enterprise Turnaround Initiative Corporation of Japan (ETIC).

“Jika dibandingkan dengan saham pesaingnya ANA (All Nippon Airways), saham JAL jelas lebih murah,” kata pimpinan redaksi Tokyo IPO Takashi Nishibori dikutip Reuters kemarin.

Pasca-IPO tersebut, JAL akan menjadi maskapai penerbangan ketiga terbesar di Asia berdasaran nilai pasar setela Singapore Airlines and Air China Ltd.

Sekadar diketahui,pada tahun fiskal 2011 yang berakhir Maret lalu, JAL berhasil membukukan keuntungan operasional sebesar 205 miliar yen, tertinggi di antara pesaingnya. Kendati demikian analis justru menilai IPO JAL bulan ini bakal penuh tantangan.

“Ini adalah saham penerbangan, industrinya sedang berhadapan dengan perekonomian yang menantang. Saat ini tidak ada alasan untuk berinvestasi di saham ini,” kata Kazuyuki Terao, kepala investasi pada RCM Japan Co.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6298 seconds (0.1#10.140)