Sriwijaya pilih pesawat Embraer untuk Nam Air

Selasa, 11 September 2012 - 11:00 WIB
Sriwijaya pilih pesawat Embraer untuk Nam Air
Sriwijaya pilih pesawat Embraer untuk Nam Air
A A A
Sindonews.com - Nam Air yang merupakan anak usaha dari PT Sriwijaya Air berencana akan gunakan pesawat jenis Embraer untuk bersaing di dunia penerbangan.

Presiden Direktur PT Sriwijaya Air, Chandra Lie mengatakan, saat ini Nam Air masih dalam proses pengajuan Surat Izin Usaha Penerbangan (SIUP) penerbangan berjadwal ke Kementerian Perhubungan. Sriwijaya menargetkan Nam Air akan beroperasi pada 2013.

"Kita akan gunakan Embraer untuk Nam Air. Kami telah pesan 20 pesawat Embraer, dan mulai didatangkan pada tahun depan. Harga satu unit pesawat Embraer sekitar USD50 juta," kata Chandra di Hotel Borobudur Jakarta, Selasa (11/9/2012).

Chandara menjelaskan, Nam Air nantinya akan melayani rute-rute domestik terlebih dahulu. Setelah itu dimungkinkan akan melayani rute-rute Internasional.

Menurut Chandra, kendala yang dihadapi untuk mendatangkan pesawat Embraer tersebut adalah ketersedian sumber daya manusia. Karena di Indonesia belum ada yang menggunakan Embraer. Sebelumnya, pesawat tersebut didatangkan pada tahun ini, namun meleset dari target karena hal tersebut.

"2013, pesawatnya sudah mulai dikirim. Tahun ini tidak jadi datang karena kita masih kekurangan kru. Sekarang, kru-nya sedang dididik di Brazil (tempat produksi Embraer)," jelasnya.

Sebelumnya, Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan, Herry Bhakti S Gumay menuturkan bahwa Nam Air tengah mengajukan SIUP, dan proses terbitnya SIUP tersebut tergantung dari keseriusan perusahaan untuk terjun ke dunia penerbangan nasional.

Herry mengatakan, Nam Air mengajukan SIUP penerbangan berjadwal dengan layanan full service. Pengajuan SIUP Nam Air tersebut, benar-benar dilakukan oleh pengusaha yang memang berpengalaman di dunia penerbangan.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.3034 seconds (0.1#10.140)