Lindungi pelanggan listrik, Konsuil gandeng developer

Jum'at, 21 September 2012 - 12:50 WIB
Lindungi pelanggan listrik, Konsuil gandeng developer
Lindungi pelanggan listrik, Konsuil gandeng developer
A A A
Sindonews.com - Komite Nasional Keselamatan untuk Instalasi Listrik (Konsuil) akan menggandeng sejumlah lembaga untuk memaksilamkan perannya dalam melindungi pelanggan listrik.

Ketua DPD Konsuil Jabar Budiman Bachrul Hayat mengatakan, pihaknya berencana menggandeng lembaga lain seperti developer, perbankan, dan pemerintah untuk memaksimalkan peran Konsuil. Upaya itu dilakukan melihat pada minimnya keinginan masyarakat memanfaatkan Konsuil untuk menjamin keamanan instalasi listrik.

“Berdasarkan UU No. 30/2009, pemasangan dan pemeriksaan instalasi listrik menjadi kewenangan Konsuil. Memaksimalkan hal itu, kami akan menjalin kerjama dengan developer, perbankan, notaris, pemerintah, dan lainnya,” kata Budiman Bachrul Hayat di sela-sela pelantikan pengurus Konsuil Jabar di Bandung, kemarin.

Menurut dia, kerjasama dengan developer dan lainnya, untuk mengantisipasi terjadinya berbagai hal yang dapat merugikan semua pihak. Misalnya, konsumen developer menjual atau mengontrakkan rumah yang dibelinya. Padahal rumah tersebut belum memiliki sertifikat layak operasi (SLO). Sementara lembaga yang berwenang memberi SLO adalah Konsuil.

Begitupun kerjasama dengan perbankan. Banyak masyarakat yang menjadikan rumahnya sebagai agunan kredit. Perbankan bisa mengecek SLO untuk menjamin agar rumah yang di agunkan terjaga keamanannya. Setidaknya, terhindar dari bahaya kebakaran atau kejadian buruk lainnya.

Menurut dia, belum maksimalnya pemanfaatan Konsuil oleh masyarakat, menyebabkan tingginya angka kebakaran. Hampir sebagian besar kebakaran, disebabkan instalasi listrik di dalam rumah. Banyak rumah belum memiliki SLO. “Hampir 50%, penyebab kebakaran akibat listrik. Kami punya kewajiban untuk tetap menjaga kualitas dan mutu instalasi listrik masyatakat,” timpal dia.

Ditemui di tempat yang sama, Ketua DPP Konsuil HM Djamil Baridjambek mendukung sepenuhnya upaya yang akan dilakukan Konsuil Jabar. Upaya tersebut diharapkan dapat meningkatkan peran Konsuil dalam member rasa nyaman bagi masyarakat. Bahkan, lanjutnya, langkah Jabar untuk menjalin kerjasama dengan developer dan dunia perbankan tersebut dapat menjadi pilot project bagi daerah-daerah lainnya di Indonesia.

Menyinggung upaya Konsuil pusat, pihaknya akan melakukan penambahan SDM Konsuil bersertifikasi. Saat ini, jumlah SDM Konsuil bersertifikasi sekitar 200 orang. Jumlah tersebut masih sangat kurang, apabila dibandingkan dengan jumlah pengguna listrik di Indonesia. “Jaringan listrik mereka perlu mendapat pemeliharaan secara berkala. Kami berkomitmen meningkatkan kualitas dan jumlah SDM,” timpal dia.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7876 seconds (0.1#10.140)