Produksi cabai di Ciamis turun drastis

Sabtu, 22 September 2012 - 12:02 WIB
Produksi cabai di Ciamis turun drastis
Produksi cabai di Ciamis turun drastis
A A A
Sindonews.com - Akibat minimnya pasokan air produksi cabai di sentra cabai seperti Sukamantri, kabupaten Ciamis anjlok hingga lima puluh persen.

Apabila hujan tidak segera turun, banyak tanaman yang tidak bisa diselamatkan, karena saat ini sebagian di antaranya sudah mulai kering.

“Sekarang produksi cabai di sini sudah turun hingga lima puluh persen dari kondisi normal. Dari satu hektar maksimal menghasilkan cabai tujuh ton, padahal biasanya mencapai 15 ton. Yang kami khawatirkan jika hujan tidak segera turun, kerugian bakal semakin besar, sebab banyak tanaman terancam mati,” kata Ketua Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Karangsari, Kecamatan Sukamantri Pipin Apilin, Jumat (21/9/2012).

Menurut Pipin, akibat kemarau yang diikuti dengan ternjadinya krisis air, menjadikan proses pembuahan cabai tidak maksimal. Kondisi itu diperparah dengan banyak tanaman yang daunnya sudah mulai mengering atau keriting.

“Sebenarnya tanaman masih bisa hidup, akan tetapi kondisinya memerihatinkan, daun banyak yang mulai keriting dan kering. Hal itu berdampak pada menurunnya produksi yang sangat signifikan,” jelas Pipin.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3799 seconds (0.1#10.140)