Bangun infrastruktur, PLN Batam akan gandeng swasta

Rabu, 26 September 2012 - 15:38 WIB
Bangun infrastruktur, PLN Batam akan gandeng swasta
Bangun infrastruktur, PLN Batam akan gandeng swasta
A A A
Sindonews.com - PT Pelayanan Listrik Nasional (Bright PLN/persero) Batam akan menggandeng pihak swasta untuk infrastruktur penyediaan listrik ke Singapura. Memang belum diketahui siapa swasta tersebut, namun kerja sama sangat dimungkinkan mengingat biaya yang cukup besar.

"Itu pasti berkonsorsium dengan swasta lah. Batam sendiri tidak akan mampu, kita belum tahu tapi nanti kita akan undang bareng (saat negosiasi)," kata Direktur Utama Bright PLN Batam Dadan Kurniadipura di Kantor Pusat PLN, Jakarta, Rabu (26/9/2012).

Kebutuhan investasi untuk pembangkit, lanjutnya, bisa mencapai USD1 miliar. Itupun jika Energy Market Authority (EMA) Singapura membutuhkan 1000 mw dari Batam. "Tapi ini kan tergantung kebutuhan Singapura berapa, apa 600 mw atau 1000 mw?" jelasnya.

Selain itu investasi juga dibutuhkan untuk penyediaan kabel laut dari Batam ke Singapura. Walau tidak disebutkan nilainya, namun dengan kapasitas 1000 Mw, kabel bahwa laut yang dibutuhkan 500 Kv (2 sirkuit). Sedangkan untuk jenis pembangkit, menurutnya akan menggunakan energi batubara.

"Karena kan pasti akan menggunakan batu bara," tegasnya. Dadan menambahkan, rencana ini nantinya akan terbagun dengan skema bussines to bussines (b to b).
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0494 seconds (0.1#10.140)