Ajib! Perputaran Uang Seragam Baru Satpam Bisa Triliunan Rupiah

Kamis, 03 Februari 2022 - 07:15 WIB
loading...
Ajib! Perputaran Uang Seragam Baru Satpam Bisa Triliunan Rupiah
Seragam baru satpam memunculkan perputaran uang yang tak sedikit. Foto/Antara/GalihPradipta
A A A
JAKARTA - Kepolisian Republik Indonesia (Polri) telah resmi memperkenalkan seragam baru satuan pengamanan ( satpam ) kepada publik. Warna seragam anyar satpam kali ini adalah krem dan coklat sehingga tak lagi mirip dengan seragam Polri.

Baca juga: Mengenal Seragam Polisi India yang Disamakan dengan Baju Satpam Indonesia

"Sebagai profesi, satpam harus memiliki identitas sendiri, untuk warna merupakan wewenang Polri karena secara UU, satpam perpanjangan Polri untuk mengamankan lingkungan terbatas," kata AA Gde Suryawisesa, Sekretaris Jenderal Asosisasi Badan Usaha Jasa Pengamanan Indonesia (Abujapi), kepada Sindonews, Rabu (2/2/20220).

Apakah seragam baru diberikan perusahaan secara gratis atau dibeli oleh masing-masing petugas? Surya menjelaskan, karena badan usaha jasa pengamanan (BUJP) mendapatkan kontrak dari pemberi kerja atau klien, jadi komponen seragam sudah masuk di RAB yang diusulkan.

"BUJP yang mengadakan seragam itu diamortisasi 1 tahun. Jadi seragam diberikan kepada satpam dan tidak dibebani, namun satpam tetap harus bertanggung jawab dengan mengikuti isi kontrak PKWT yang disepakati," kata Surya.

Seragam anyar itu tentu saja memunculkan perputaran uang baru pula. Pasalnya, para petugas satpam itu harus mengenakannya sejak diresmikan.

Melihat jumlah satpam yang ada, perputaran uang dari seragam baru ini tidak bisa dibilang sedikit. Menurut Surya, jumlah satpam yang terdaftar di BPJS Ketenagkerjaan mencapai 865 ribu orang.



"Di luar daftar itu, diperkirakan mencapai 1,6 juta orang," kata Surya.

Harga satu setel seragam satpam, lanjut Surya, dengan kualitas bagus sehingga tahan lama, mencapai Rp600 ribu. Sementara para petugas satpam umumnya memiliki dua pasang seragam.

"Dalam satu tahun satpam mendapat jatah dua stel dari BUJP (badan usaha jasa pengamanan)," jelas Surya.

Jika ada 865 ribu satpam dapat dua setel seragam, maka perputaran uangnya sebesar Rp1,03 triliun. Nah jika menghitung jumlah seluruh satpam yang ada di Indonesia, maka perputaran fulusnya, secara kasar, mencapai Rp1,92 triliun.

Baca juga: Seragam Baru Satpam Mulai Berlaku Tahun Depan

Jelas itu bukanlah angka yang sedikit.
(uka)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1360 seconds (11.252#12.26)