PLN segera bangun PLTU Sewa Lombok

Kamis, 27 September 2012 - 18:13 WIB
PLN segera bangun PLTU Sewa Lombok
PLN segera bangun PLTU Sewa Lombok
A A A
Sindonews.com - PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) Persero menandatangani kontrak Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Sewa Lombok berkapasitas 2x33 megawatt (MW) dengan joint operation PT Poeser Indonesia–Shandong Machinery & Equipment I/E Group Corporation. Adapun nilai investasi pembangunan PLTU tersebut hampir mencapai USD1,05 juta.

Dalam siaran pers yang diterima Sindonews.com disebutkan, PLTU tersebut akan dibangun di Desa Kebon Ayu, Kecamatan Gerung, Kabupaten Lombok Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). "Ini bentuk upaya untuk terus meningkatkan kapasitas pasokan listrik di wilayah Lombok," kata Direktur Utama PLN, Nur Pamudji dalam keterangan tertulisnya, Kamis (27/9/2012).

Nur menyebutkan, pengadaan proyek ini dilakukan melalui proses pelelangan. Proyek ini akan dibangun dengan jaminan pelaksanaan dari Indonesian Exim Bank sebesar USD1.046.804. Adapun sumber pendanaan proyek ini berasal dari kas internal perusahaan listrik pelat merah tersebut.

Berdasarkan kapasitasnya, PLTU Sewa Lombok akan menyuplai energi listrik ke sistem Lombok. Dijadwalkan PLTU ini mulai beroperasi secara komersial dalam waktu 24 bulan ke depan untuk unit 1 dan 26 bulan ke depan untuk unit 2, sejak pelaksanaan konstruksi. "Nilai kontrak/sewa yang disepakati adalah sebesar USD5,3777 sen/kWh. Dengan lama sewa selama 9 tahun," pungkasnya.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5657 seconds (0.1#10.140)