Kupas Tuntas Misteri Pesugihan di Indonesia, dari Buto Ijo hingga Popok Wewe

Kamis, 03 Februari 2022 - 13:51 WIB
loading...
Kupas Tuntas Misteri Pesugihan di Indonesia, dari Buto Ijo hingga Popok Wewe
Tak sedikit orang meminta bantuan kepada mereka yang tak kasat mata hanya untuk memperkaya diri atau sekedar memperlaris dagangannya. / Foto: ist
A A A
JAKARTA - Indonesia sampai saat ini masih memiliki ritual adat yang cukup lekat dengan masyarakatnya. Biasanya ritual atau upacara adat dilakukan di beberapa daerah.

Kekentalannya terhadap adat istiadat membuat Indonesia tidak bisa lepas dari hal-hal berhubungan dengan alam gaib. Tak sedikit orang meminta bantuan kepada mereka yang tak kasat mata hanya untuk memperkaya diri atau sekedar memperlaris dagangannya.

Pesugihan merupakan bentuk kerjasama dengan makhluk ghaib. Pesugihan identik dengan dukun, santet , hingga tumbal .

Baca juga: Awalnya Pelajari Video Asmaul Husna, Putra Titi Kamal Ngebet Pergi Umrah

Berbagai macam permintaan dapat dilakukan dengan tarif yang berbeda-beda di setiap permintaan bahkan ada juga dukun yang memasang tarif dari apa yang dilakukannya. Pesugihan sendiri berasal dari bahasa Jawa, yaitu cara-cara untuk memperoleh kekayaan.

Memperoleh kekayaan secara instan merupakan dambaan sebagian orang. Salah satu caranya ialah dengan melakukan pesugihan. Pesugihan biasanya dilakukan di Gunung Kawi . Ritual ini memiliki berbagai macam cara, yaitu perjanjian dengan Nyi Blorong, pesugihan Buto Ijo dan Tuyul, pesugihan Popok Wewe, dll. Beberapa cara tersebut tentu memiliki aturan serta konsekuensinya masing-masing.

Pesugihan memang umum dilakukan di daerah-daerah terpencil di Indonesia, namun hal itu tidak menutup kemungkinan bisa terjadi di kota besar. Ngomongin tentang hal-hal berbau mistis di Live Podcast Obrolan Misteri akan mengupas hal-hal mistis serta bagaimana pesugihan di Indonesia.

Baca juga: Covid-19 Disebut Berdampak Buruk pada Sistem Saraf dan Gangguan Mental

Ayo pasang reminder supaya tidak kelewatan keseruan Live Podcast Obrolan Misteri. Download juga RCTI+ di Apple App Store dan Google Play Store sekarang juga supaya tidak kelewatan berbagai program seru dari RCTI+.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1493 seconds (0.1#10.140)