Mobil murah, perparah kemacetan Jakarta

Selasa, 02 Oktober 2012 - 09:53 WIB
Mobil murah, perparah kemacetan Jakarta
Mobil murah, perparah kemacetan Jakarta
A A A
Sindonews.com - Hadirnya varian mobil murah yang diluncurkan sejumlah pabrikan kendaraan bermotor dikhawatirkan akan memperparah kemacetan Jakarta. Akibatnya, kondisi ini akan menjadi tantangan berat bagi Ibu Kota dalam menanggulangi permasalahan kemacetan.

"Mobil murah seharga Rp75-100 juta akan menjadi kendala Gubernur DKI, yang baru terpilih Jokowi-Ahok dalam menata transportasi Jakarta," ujar pengamat transportasi dari Masyarakat Trasportasi Indonesia (MTI) Djoko Setijowarno ketika dihubungi Sindonews.com, Selasa (2/10/2012).

Djoko menuturkan, bukan hal mudah membendung keinginan masyarakat untuk memiliki kendaraan roda empat, mengingat pertumbuhan kelompok masyarakat kelas menengah ke atas (middle up) yang menunjukkan peningkatan cukup signifikan belakangan ini.

Untuk itu, salah satu solusi yang dapat dilakukan pemerintah DKI Jakarta adalah dengan meningkatkan tarif parkir sejumlah tempat umum di kawasan Jakarta.

"Salah satu cara untuk menghadang agar mobil murah tak berseliweran di jalan adalah dengan melipatgandakan tarif parkir dan mengubah jadi model parkir berlangganan. Parkir tak sekadar untuk menggenjot PAD (pendapatan asli daerah), tapi bagian dari manajemen transportsi. Parkir di Jakarta termurah di dunia untuk kota-kota metropolitan," papar Djoko.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.9341 seconds (0.1#10.140)