alexametrics

Jepang siap bantu ekonomi kreatif Indonesia

loading...
Jepang siap bantu ekonomi kreatif Indonesia
Ilustrasi
A+ A-
Sindonews.com - Kunjungan Menko Perekonomian Hatta Rajasa ke Jepang membuahkan hasil yang positif. Hatta mengungkapkan Jepang menyatakan kesiapannya untuk membantu Indonesia dalam mengembangkan sektor industri kreatif.

Kesepakatan mengenai kesiapan Jepang membantu Indonesia itu akan diimplementasikan pada Februari 2013 mendatang.

Hatta mengungkapkan, Jepang sepakat untuk memberikan pelatihan-pelatihan kepada sumber daya manusia (SDM) Indonesia untuk mendukung pengembangan industri kreatif.



"Mereka menilai kita memiliki industri kreatif yang sangat potensial dan Jepang sudah sepakat akan memberikan pelatihan terkait industri kreatif kepada Indonesia," kata Hatta dalam keterangan tertulisnya di Tokyo, Jepang, Selasa (9/10/2012).

Menurut Hatta, pengembangan industri kreatif sangat tergantung pada upaya promosi. Jepang mencontohkan bagaimana promosi mampu mengangkat ekonomi kreatif, seperti budaya Jepang yang dikenal dengan cool Japan.

"Menurut mereka yang penting adalah bagaimana promosi itu, seperti yang mereka lakukan yaitu menggunakan media televisi sebagai sarana promosi yang efektif," katanya.

“Hampir semua TV di Jepang menayangkan kuliner negeri tersebut, kerajinan khas dan hasil dari ekonomi kreatif,” tambah Hatta.

Hatta menambahkan, pada tahun 2010 lalu, pemerintah Jepang berupaya mengidentifikasi industri kreatif sebagai salah satu dari lima sektor yang berpotensi untuk menyumbang pertumbuhan ekonomi mereka.

Di bawah koordinasi Ministry of Economy, Trade and Industry (METI) kemudian dibentuk Kantor Promosi Industri Kreatif untuk melakukan koordinasi konsep Cool Japan dan mempromosikan produk kreatif Jepang.
(gpr)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak