alexametrics

Transaksi TEI 2012 ditargetkan USD2 miliar

loading...
Transaksi TEI 2012 ditargetkan USD2 miliar
Ilustrasi
A+ A-
Sindonews.com - Kementerian Perdagangan (Kemendag) menargetkan transaksi pada Trade Expo Indonesia (TEI) 2012 akan mencapai USD2 miliar. Acara yang akan digelar 17-21 Oktober mendatang ini telah memastikan kedatangan 4.300 pembeli dari 90 negara. Sekitar 600 perusahaan Indonesia akan menampilkan produknya di expo ini.

“Ini kan trade expo, kita menargetkan transaksi USD2 miliar,” ujar Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kemendag, Gusmardi Bustami di Kantor Kementerian Perdagangan, Jakarta, Selasa (9/10/2012).

Target TEI tahun ini meningkat jauh dibanding transaksi TEI pada tahun 2011. TEI 2011 lalu membukukan transaksi senilai USD460 juta. “Tahun lalu sekitar USD460 juta, jadi tahun ini targetnya 4 kali lipat transaksi tahun lalu,” sambungnya.



Kemendag optimis target tersebut dapat tercapai karena TEI juga menawarkan sejumlah produk ekspor bernilai tambah yang siap didistribusikan di pasar internasional dan produk jasa tenaga kerja terampil yang memenuhi standar internasional.

Sementara, Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) meminta forum ini tidak berorientasi pada ekspor. “TEI jangan cuma targetkan pembeli dari luar negeri,” ujar Ketua Umum Apindo Sofyan Wanandi di Kantor Kementerian Perdagangan, Jakarta, Selasa (9/10/2012).

Sofyan menambahkan, TEI ini seharusnya bisa dijadikan momentum bagi produsen di dalam negeri untuk menguasai pasar dalam negeri sekaligus mengurangi impor barang-barang yang sudah bisa dibuat oleh industri di dalam negeri.
(gpr)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak