Kelas menengah bawah harusnya menikmati asuransi

Rabu, 17 Oktober 2012 - 14:12 WIB
Kelas menengah bawah harusnya menikmati asuransi
Kelas menengah bawah harusnya menikmati asuransi
A A A
Sindonews.com - Masih adanya stigma mahal untuk penggunaan asuransi, cukup membuat banyak industri asuransi kewalahan. Kecenderungan yang membawa sudut pandang penggunaan asuransi hanya untuk kelas atas belum hilang hingga sekarang.

Kepala Biro Perasuransian Bapepam-LK Kementerian Keuangan, Isa Rachmatarwata mengakui hal tersebut. Namun, ini tidak bisa dibiarkan, karena jasa keuangan ini harus dinikmati semua orang.

"Kita punya pandangan orang berpenghasilan tinggi yang pakai asuransi, karena bisa menyisihkan uangnya," kata Isa dalam acara konferensi pers Hari Asuransi Nasional, di The Plaza Office Tower, Jakarta, Rabu (17/10/2012).

Menurutnya, asuransi harus dipandang sebagai proteksi bagi masyarakat kelas menengah ke bawah. Karena golongan ini, membutuhkan waktu yang lama untuk membeli barang mewah, seperti rumah ataupun mobil. Sehingga, layak ini mesti dijaga.

"Harusnya diberikan proteksi, nggak mungkin rumah atau mobil yang dibeli bertahun-bertahun hilang begitu saja. Begitu juga dengan pendidikan anak dan hal yang akan terjadi di masa datang," jelasnya.

Isa menyatakan, tahun 2011 penetrasi asuransi hanya sebesar 1,82 persen dari Gross Domestic Product (GDP). Angka tersebut adalah asuransi yang memang penggunanya mengetahui dan dengan sukarela membeli. Dibandingkan negara lain, seperti Thailand, menurutnya Indonesia masih jauh tertinggal.

"Dibanding Malaysia dan Thailand kita masih ketinggal. Kita setengah dari Thailand," pungkasnya.

Dalam edukasi masyarakat, seiring dengan peringatan hari asuransi Indonesia, akhir pekan ini (Minggu, 21 Oktober 2012) akan diadakan Insurance Day. Agenda ini bertemakan Asuransi untuk Semua dimana bertujuan untuk menjangkau dan dinikmati oleh seluruh lapisan masyarakat.

"Saya mengajak seluruh pelaku perasuransian anggota asosiasi secara bersama memberikan dukungan," ucap Ketua Dewan Asuransi Indonesia Kornelius Simanjuntak di kesempatan yang sama.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.8411 seconds (0.1#10.140)