Bawa Manfaat Ekonomi, Erick Thohir Dorong Peran Bank Sampah

Selasa, 08 Februari 2022 - 20:10 WIB
loading...
Bawa Manfaat Ekonomi, Erick Thohir Dorong Peran Bank Sampah
Edukasi menabung, Erick Thohir dorong peran bank sampah. FOTO/IST
A A A
JAKARTA - Bank sampah berperan penting dalam pengelolaan sampah dari tingkat rumah tangga hingga komunitas. Keberadaannya selain turut membantu proses daur ulang yang membawa manfaat ekonomi maupun penghematan sumber daya alam, bank sampah berperan memberikan edukasi menabung.

Hal itu disampaikan Erick Thohir saat mendatangi bank sampah di Kampung Salo, Kembangan Utara, Jakarta Barat. Kehadiran Bank Sampah bagus untuk mengajari warga menabung. Di bank sampah tersebut, pengelola membeli barang bekas dari warga.

Lalu, warga pun dipersilakan menerima hasil pemberian barang bekasnya secara tunai ataupun ditabung. "Luar biasa ini. Jadi warga semua di sekitar sini punya buku tabungan seperti ini?" ujar Erick ke salah satu pengelola Bank Sampah, Juju (42) saat berada di lokasi, seperti dikutip Selasa (8/2/2022).

Baca Juga: Keberhasilan Erick Thohir Memimpin BUMN Dinilai Jadi Modal Maju Pilpres 2024

"Iya pak punya, kalau yang ditabung punya semua. Cuman kalau yang cash ya langsung," jawab Juju. Erick pun memberi saran agar para pengelola menganjurkan warga untuk memilih menabungkan sampahnya.

Menurutnya, kebiasaan menabung sangat positif. "Dibilang ayo nabung. Bagus juga kalau mulai diajarin menabung," kata Erick.

Dalam kesempatan tersebut, Menteri BUMN yang juga Ketua Yayasan Erick Thohir ikut membawa beberapa kardus bekas yang saat ditimbang berbobot 3 kilogram. Erick memilih menabungkannya, sehingga memiliki buku tabungan di bank sampah tersebut.



Erick juga memberikan bantuan berupa timbangan digital. Sebab, timbangan yang ada masih berbentuk gantungan, sehingga menyulitkan para pengelola yang sebagian besar ibu-ibu.

(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1618 seconds (0.1#10.140)