Asia Pulp & Paper andalkan ekspor

Rabu, 17 Oktober 2012 - 17:46 WIB
Asia Pulp & Paper andalkan ekspor
Asia Pulp & Paper andalkan ekspor
A A A
Sindonews.com - Direktur Corporate Affairs and Communication Asia Pulp and Paper (APP) Suhendra Wiriadinata mengatakan, perseroan masih mengandalkan penjualan dari ekspor dibandingkan dengan penjualan ke pasar domestik. Porsi ekspor APP pada tahun lalu mencapai 68 persen dan 32 persen untuk pasar domestik.

”Kerja keras dan dedikasi tinggi jadi tuntutan yang harus dipenuhi untuk secara konsisten dapat menjaga mutu, kualitas dan kesinambungan produk ekspor demi memenuhi permintaan pasar yang kian beragam,” kata Suhendra dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu (17/10/2012).

Menurutnya, salah satu produk andalan Indah Kiat adalah kertas yang digunakan untuk kitab suci Al Quran dan diekspor ke sejumlah negara di Timur Tengah, seperti Mesir, Yordania, Turki, Kuwait, Uni Emirat Arab, serta Iran. Saat ini, pangsa ekspornya sudah mencapai sekitar 70 persen di negara-negara Timur Tengah. Ekspor kertas Al Quran dengan merek Sinar Tech atau QPP ini mencapai sekitar 15.000 ton pada tahun lalu.

Sementara Pindo Deli yang merupakan pabrik terbesar dan terintegrasi secara vertikal di Indonesia untuk produk kertas, tisu dan turunannya sukses memasarkan produk ke Jepang, Amerika Serikat dan negara-negara di Timur Tengah. Pindo Deli memiliki kapasitas produksi 1 juta ton per tahun. Dari total kapasitas produksi tersebut, sekitar 55 persen diekspor dan sisanya diserap oleh pasar domestik.

Suhendra menambahkan, kondisi ekonomi global yang memperlihatkan tanda-tanda membaik turut mendorong peningkatan pendapatan Pindo Deli yang mencapai 15 persen.

“Tantangan yang paling menarik dalam bisnis ini adalah memahami persaingan di pasar baru tersebut, mencari formula yang tepat bagaimana memperkenalkan produk kami di pasar dan membuat keberlanjutan produk dalam jangka panjang,” tutupnya.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2956 seconds (0.1#10.140)