Agya dan Ayla picu pasar mobil bekas lesu

Jum'at, 19 Oktober 2012 - 14:32 WIB
Agya dan Ayla picu pasar mobil bekas lesu
Agya dan Ayla picu pasar mobil bekas lesu
A A A
Sindonews.com - Penjualan mobil bekas di kota Yogyakarta lesu menyusul akan diluncurkannya mobil hibrid dengan harga murah. Toyota yang akan memproduksi Agya dan Xenia Ayla diyakini memberikan kontribusi yang cukup besar terhadap lesunya penjualan mobil bekas.

Pemilik Pipin Motor, Pipin Adnan mengatakan lesunya penjualan ini mulai terasa sejak ada wacana Ayla dan Agya yang akan diluncurkan. Ini menyebabkan banyak pembeli urung membeli kendaraan bekas. "Banyak pembeli harus berpikir dua kali untuk membeli mobil bekas karena harganya murah. Ini membuat harga mobil bekas lesu," tuturny di Yogyakarta, Jumat (19/10/2012).

Menurut dia, dampak yang paling terasa adalah mobil jenis sedan dibawah Rp100 juta. Mobil-mobil seperti Toyota all new Corolla, Kia Picanto, Honda Genio ataupun Toyota Starlet cukup sult dijual. Namun, untuk sedan seperti Honda Jazz maupun Yaris, yang harganya lebih dari Rp100 juta tetap bagus.

"Banyak pembeli yang memilih indent daripada dapat mobil bekas," tandas pria yang kerap mangkal di bursa mobil TVRI Yogyakarta ini.

Pengamat transportasi dari Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) Djoko Setijowarno sebelumnya berpendapat, hadirnya varian mobil murah yang diluncurkan sejumlah pabrikan kendaraan bermotor dikhawatirkan akan memperparah kemacetan Jakarta.

Akibatnya, kondisi ini akan menjadi tantangan berat bagi Ibu Kota dalam menanggulangi permasalahan kemacetan.
"Mobil murah seharga Rp75-100 juta akan menjadi kendala Gubernur DKI, yang baru terpilih Jokowi-Ahok dalam menata transportasi Jakarta," ujarnya beberapa waktu lalu.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3520 seconds (0.1#10.140)