Pemerintah pastikan tak redam impor

Kamis, 25 Oktober 2012 - 14:53 WIB
Pemerintah pastikan tak redam impor
Pemerintah pastikan tak redam impor
A A A
Sindonews.com - Pemerintah memastikan tidak meredam impor dalam upaya mencapai surplus pada neraca perdagangan. Impor masih dirasa sangat diperlukan, apalagi untuk produk penolong dan bahan baku.

Menteri Perdagangan Gita Wirjawan mengatakan, pelarangan impor hanya akan terjadi untuk produk yang tidak mengikuti standar aturan yang berlaku.

"Tidak, impor tidak diredam, selama mereka mengikuti peraturan. Tapi kalau melanggar ketentuan Kesehatan, Kenyamanan dan Keselamatan Lingkungan (K3L), itu harus kita cegah. Peningkatan impor ini jauh lebih banyak untuk produk penolong dan bahan baku," kata Gita di Kantor Kementerian Koordinator bidang Perekonomian, Jakarta, Kamis (25/10/2012).

Gita mengaku optimistis untuk bisa mencapai target ekspor hingga akhir tahun. Karena itu, dalam waktu September hingga Desember, nilai ekspor harus mencapai USD73 miliar atau per bulannya sekitar USD17,5 miliar.

"USD17,5 miliar untuk 4 bulan terakhir, Insya Allah. Yang penting surplusnya, lihat saja," jelas mantan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) tersebut..

Akan tetapi, sejauh ini dirinya mengaku masih sangat berat dengan pencapaian target itu. Pasalnya, menurut Gita, selain ketidakpastian dari krisis global yang terus menghantui, perekonomian negara-negara maju semakin memburuk.

"Saya mau begitu (target tercapai), tapi agak berat. Dari awal tahun saya sudah bilang kalau sama dengan tahun lalu sudah bagus," pungkasnya.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8405 seconds (0.1#10.140)