Genjot produktivitas pertanian, Pemerintah gandeng kampus

Rabu, 31 Oktober 2012 - 17:24 WIB
Genjot produktivitas pertanian, Pemerintah gandeng kampus
Genjot produktivitas pertanian, Pemerintah gandeng kampus
A A A
Sindonews.com - Pemerintah saat ini tengah konsentrasi untuk meningkatkan produktivitas hasil pangan seperti beras, jagung, kedelai, dan gula. Hal ini untuk mencapai swasembada pangan pada 2014.

Menteri Koordinator bidang Perekonomian Hatta Rajasa mengatakan, Pemerintah menyadari jika perluasan lahan pertanian saat ini sulit terutama di Jawa. Untuk itu, pihaknya membuka lebar kepada perguruan tinggi untuk melakukan terobosan dalam hal pertanian guna peningkatan produktivitas pertanian.

"Peran Bulog juga akan ditingkatkan untuk menstabilkan harga," kata Hatta Rajasa di depan ratusan Mahasiswa Pertanian, Universitas Brawijaya, Malang, saat menjadi pembicara dalam kuliah tamu, Rabu (31/10/2012).

Hatta menilai, impor beras yang dilakukan Pemerintah saat ini tidak melebihi dari 2-3 persen dari kebutuhan beras di dalam negeri. Sedangkan, impor kedelai lebih parah, karena melebihi separuh dari kebutuhan kedelai di dalam negeri.

Karena itu, Hatta menilai peran Bulog dalam hal pengendalian harga serta stok harus ditingkatkan. "Harus ada intervensi langsung dari Bulog jika sewaktu-waktu terjadi kelangkaan pangan," ujarnya.

Ketua Umum PAN ini memimpikan Bulog mempunyai cadangan 10 persen dari kebutuhan untuk mengantisipasi kelangkaan pangan maupun lonjakan harga bahan pokok di pasar.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4097 seconds (0.1#10.140)