Naikkan harga BBM, Kementerian ESDM tunggu Kemenkeu

Jum'at, 02 November 2012 - 13:07 WIB
Naikkan harga BBM, Kementerian ESDM tunggu Kemenkeu
Naikkan harga BBM, Kementerian ESDM tunggu Kemenkeu
A A A
Sindonews.com - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) hanya tinggal menunggu Kementerian Keuangan (Kemenkeu) untuk memastikan waktu menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi. Pasalnya, kebijakan konservasi energi sudah di realisasikan dari tiga tahun yang lalu.

Wakil Menteri ESDM Rudi Rubiandini menyatakan, kebijakan konservasi energi memang sulit berjalan jika BBM masih dengan harga saat ini.

"Nanti begini, kalau dari energi (Kementerian ESDM) kan sudah dari tiga tahun lalu, kita ingin menaikkan karena itu akan membunuh energi-energi lain yang terbarukan," ujar Rudi di kantor Kemenkeu, Jakarta, Jumat (2/11/2012).

Menurutnya, dengan undang-undang APBN saat ini, pemerintah hanya menunggu momentum yang tepat merealisasikan kebijakan tersebut. Namun, menurut Rudi, Kementerian Keuangan sebagai bendahara Negara, yang memiliki kewenangan untuk memprediksi kapan momentum yang tepat untuk menaikkan harga BBM bersubsidi.

"Kemenkeu nanti yang tahu kapan pantesnya, minyak dunia seperti apa, terus ekonomi dunia seperti apa," jelasnya.

Bahkan, jika tahun lalu alasan kenaikan harga BBM selalu dikaitkan dengan harga minyak mentah Indonesia (ICP), menurut Rudi, jika pemerintah akan menaikan harga, nantinya tidak perlu menjadi pertimbangan utama.

"Tidak perlu pakai angka, nanti pertimbangannya dari Kemenkeu. Kalau dari Kementerian ESDM sih kapanpun BBM naik, ya tinggal naik. Kalau besok naik mah naik, kita ready," pungkasnya.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5604 seconds (0.1#10.140)