Viral Indomaret Pringsewu Diduga Timbun Minyak Goreng, Begini Penjelasan Manajemen

Rabu, 16 Februari 2022 - 10:44 WIB
loading...
Viral Indomaret Pringsewu Diduga Timbun Minyak Goreng, Begini Penjelasan Manajemen
Baru-baru ini, publik dihebohkan dengan aksi dugaan penimbunan minyak goreng oleh salah satu ritel modern. FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Isu minyak goreng masih terus menjadi perbincangan publik. Pasalnya, ketersediaan minyak goreng masih sulit didapat baik di ritel modern maupun pasar tradsional. Baru-baru ini, publik dihebohkan dengan aksi dugaan penimbunan minyak goreng oleh salah satu ritel modern. Aksi tersebut terekam dan viral di media sosial.

Dalam cuplikan video yang diunggah pada akun instagram @lambe_turah pada Selasa (15/2/2022), terlihat pegawai Indomaret disidak oleh anggota DPRD Pringsewu dan Satpol PP setempat.

Petugas yang menangani, menemukan ada tumpukan minyak goreng yang disimpan di ruangan terpisah dari ritel tersebut. Menanggapi hal ini, Marketing Director PT Indomarco Prismatama, Darmawi Alie menjelaskan, minyak goreng yang disimpan oleh pegawai ritel bukan penimbunan. Melainkan minyak goreng tersebut dipergunakan untuk bahan baku menggoreng ayam sebagaimana yang dijual di Indomaret.

"Selain menjual barang kebutuhan pokok, di tempat tertentu Indomaret juga menyediakan makanan siap saji, antara lain Yummy Fried Chicken," kata Darmawi saat dihubungi MNC Portal Indonesia, Rabu (16/2/2022).

"Produk siap saji ini membutuhkan bahan baku minyak goreng dan produk yang disimpan dekat dapur di area gerai tidak dijual karena peruntukan untuk menggoreng ayam Yummy Fried Chicken," lanjutnya.



Darmawi mengatakan, bahwasanya prinsip bisnis ritel modern yakni produk minyak goreng dikirim dari distributor dan kemudian kantor pusat Indomaret meneruskan suplai ke gerai-gerai Indomaret untuk dijual langsung ke konsumen akhir.

Dia juga menuturkan, persediaan di gerai sangat tergantung dari kiriman pasokan distributor. Saat ini, supply dari pabrik masih terbatas sehingga terjadi kekosongan.

"Gudang di gerai Indomaret sangat terbatas sehingga tidak mungkin ada penimbunan dan kami tidak terbersit sedikit pun untuk menahan minyak goreng," jelas Darmawi.

"Dalam berusaha, kami tetap konsisten mendukung kebijakan minyak goreng pemerintah dan sesuai arahan Aprindo," pungkasnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2100 seconds (0.1#10.140)