Produksi padi Kulonprogo baru 78%

Rabu, 14 November 2012 - 17:05 WIB
Produksi padi Kulonprogo baru 78%
Produksi padi Kulonprogo baru 78%
A A A
Sindonews.com - Kulonprogo mematok target produksi padi sebanyak 127.901 ton tahun 2012 ini. Namun hingga November, realisasi produksi padi baru mencapai 78 persen saja. Meski begitu, instansi terkait optimistis target akan tercapai.

Kepala Dinas Pertanian dan Kehutanan Kulonprogo, Bambang Tri mengatakan, target produksi padi 127.901 ton harus dicapai dengan angka produktivitas mencapai 65,1 kuintal per hektare. Angka itu naik dari produktivitas tahun sebelumnya yang hanya 62,78 kuintal per hektar.

“Nah ini pekerjaan rumah kita, bagaimana agar target produktivitas itu tercapai. Sebab, sampai November realisasi produksi padi baru 78 persen dari target yang ditetapkan,” kata Bambang di Kulonprogo, Rabu (14/11/2012).

Bambang mengatakan, meski hanya menyisakan waktu satu setengah bulan lagi, namun dirinya optimistis target akan tercapai. Dia beralasan, kekurangan dapat dicukupi dari sisa 4.500 hetare lahan yang baru akan dipanen Desember mendatang. Areal seluas itu berada di daerah irigasi Kalibawang dan Sapon.

Irigasi Kalibawang meliputi Kecamatan Kalibawang, Nanggulan dan Sentolo. Sedangkan irigasi Sapon meliputi Kecamatan Lendah, Galur dan Panjatan.

“Nah, kami realisasi target produksi bergantung hasil panen di dua daerah irigasi itu. Mudah-mudahan tidak meleset,” kata dia.

Dia menjelaskan, instansinya terus merevitalisasi pertanian untuk meningkatkan produksi. Di antaranya dengan memberi bantuan traktor bagi kelompok tani, pompa air hingga revitalisasi penggilingan padi. “Harapannya, target surplus 10 juta ton beras tahun 2014 dapat tercapai,” jelasnya.

Dia menambahkan, masih munculnya organisme pengganggu tanaman menjadi kendala realisasi target produksi. Namun dia menegaskan, instansinya terus mengawasi dengan melakukan spot stop. Sehingga ketika ditemukan hama dapat langsung dilokalisir dan dibasmi.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6340 seconds (0.1#10.140)