Jero : SKSP Migas tidak pro asing

Senin, 19 November 2012 - 15:54 WIB
Jero : SKSP Migas tidak pro asing
Jero : SKSP Migas tidak pro asing
A A A
Sindonews.com - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) berjanji Satuan Kerja Sementara Pengelola Minyak dan Gas Bumi (SKSP Migas) yang menggantikan BP Migas tidak akan pro asing seperti Badan Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas (BP Migas), yang ditenggarai pro asing.

"BP Migas dicap pro asing. Kita tunjukkan bahwa kita tidak pro-asing. Tidak boleh kita ini pro asing. Mulai tanggal 14 November harus era baru," kata Jero Wacik dalam sambutannya pada acara Tatap Muka Menteri ESDM dengan Seluruh Pekerja dan Tenaga Penunjang SKSP Migas di City Plaza, Jakarta, Senin (19/11/2012).

SKSP Migas, sambung Jero, akan lebih memprioritaskan pemberian kontrak kepada perusahaan tambang dalam negeri dari pada perusahaan asing. "Domestik kita dorong, para pengusaha yang mau bergerak di bidang migas, saya siap buka peluang sebesar-besarnya. Yang dari Indonesia harus kita prioritaskan," jelas dia.

Jero mengaku telah mendorong secara langsung keterlibatan perusahaan nasional dalam usaha hulu migas dengan berbicara langsung pada perusahaan-perusahaan tambang nasional. "Kemarin Bakrie, Medco, sudah saya panggil itu semua. Makin banyak perusahaan nasional di bidang migas, saya tentu senang," lanjutnya.

Namun, mantan Menteri Pariwisata tersebut juga menggarisbawahi, SKSP tidak anti asing. Jero mengakui Indonesia tidak bisa lepas dari campur tangan pihak asing dalam industri hulu migas. Meski demikian, pihaknya menjamin kepentingan nasional akan dinomorsatukan.

"Tetapi bukan berarti orang asing harus kita usir. Kita masih butuh investasi, apalagi di bidang migas. Tapi bangsa Indonesia harus dapat lebih banyak. Yang subur kasih ke bangsa Indonesia, yang agak kering kasih ke asing," pungkas Jero.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 5.5008 seconds (0.1#10.140)