alexametrics

Ekonomi konsumen Sulbar meningkat

loading...
Ekonomi konsumen Sulbar meningkat
Ilustrasi
A+ A-
Sindonews.com - Ekonomi konsumen di Sulbar mengalami peningkatan. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Sulbar, perkembangan Indeks Tendensi Konsumen (ITK) Sulbar triwulan III tahun 2012 sebesar 111,80, naik bila dibandingkan kondisi triwulan sebelumnya, 109,29.

Kepala BPS Sulbar Nursam Salam mengatakan, Indeks Tendensi Konsumen (ITK) adalah indikator perkembangan ekonomi terkini yang dihasilkan BPS melalui Survei Tendensi Konsumen (STK). ITK merupakan indeks yang menggambarkan kondusi ekonomi konsumen pada triwulan berjalan dan perkiraan untuk triwulan mendatang.

"Untuk kawasan di wilayah Sulawesi, Maluku dan Papua (Sulampua), ITK tertinggi di Sulsel sebesar 112,84. Sedang ITK Sulbar berada pada posisi keempat tapi masih di atas ITK Sulampua yang capaiannya hanya sebesar 110,97. Dalam ukuran nasional, Sulbar masih lebih besar dari ITK nasional yang hanya 111,12," ungkap Nursam,Selasa (20/11/2012).



Lebih lanjut disampaikan, perkiraan kondisi ekonomi konsumen di Sulbar pada triwulan IV tahun 2012, masih akan lebih baik lagi. Walaupun tingkat optimisme konsumen mengalami penurunan dari realisasi pada triwulan III tahun ini. BPS memperkirakan ITK Sulbar pada triwulan IV tahun 2012 akan menembus angka 109,26.

"Jumlah sampel STK di Sulbar meningkat dari 60 rumah tangga pada tahun 2011 menjadi 120 rumah tangga pada tahun 2012," sebutnya.

Ditambahkan, responden STK merupakan subsampel dari Survei Angkatan Kerja Nasional (Sakernas). Pemilihan sampel dilakukan secara panel
antara triwulan untuk memperoleh gambaran yang lebih akurat mengenai perubahan persepsi konsumen antar waktu.
(gpr)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak