alexametrics

Pakai uang asing, CT kuasai Carrefour 100%

loading...
Pakai uang asing, CT kuasai Carrefour 100%
Ilustrasi
A+ A-
Sindonews.com - PT Trans Ritel (TR), anak usaha dari CT Corp memastikan kepemilikan saham dari PT Carrefour Indonesia sebesar 100 persen. TR sebelumnya telah memiliki 40 persen saham Carrefour.

CEO CT Corp Chairul Tanjung menyatakan pembiayaan akuisisi didapatkan dari 10 Bank Internasional dengan total nilai USD750 juta atau Rp7,2 triliun.

"Dengan itu maka kepemilikan Carrefour 100 persen menjadi milik Indonesia," ujar CT kepada wartawan di Gedung Bank Mega, Jakarta, Selasa (20/11/2012).



Bank tersebut di antaranya Credit Suisse, BNP Paribas, J.P Morgan Sucirities, ING Bank, ANZ, Goldman Sachs, Deutsche Bank, Royal Bank of Scotland, Standart Chartered Bank dan Bank of Tokyo Mitsubishi UFJ.

Pinjaman ini didapatkan dengan bunga lima persen dengan jangka waktu tiga tahun. "Pinjaman ini berjangka waktu 3 tahun, tidak singkat juga. Banyak yang bisa dilakukan untuk membayar kembali pinjaman seperti ini," tegasnya.

Sedangkan pencairan, CT menyatakan langsung dilakukan setelah penandatanganan Sales Purchase Agreement (SPA) pada Senin lalu.
"Langsung kemarin pas ditandatangani, langsung diberikan. Jadi uangnya langsung. Biasanya kan tanda tangan kredit untuk bisa sampai dalam account kita itu 24 jam. Tapi berhasil kita lakukan dalam 20 menit," jelasnya.

Terkait dengan alasan untuk mengakuisisi Carrefour, CT menyatakan itu adalah sebuah pilihan yang harus diambil dari sebuah perusahaan ritel besar yang memiliki pasar di Indonesia. "Kalau gak 100 persen kita ambil, berarti ada something wrong with us," pungkasnya.
(gpr)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak