Sektor IKM terkendala lahan dan infrastruktur

Jum'at, 23 November 2012 - 10:52 WIB
Sektor IKM terkendala lahan dan infrastruktur
Sektor IKM terkendala lahan dan infrastruktur
A A A
Sindonews.com - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) mengaku pengembangan Industri Kecil dan Menengah (IKM) khususnya sektor logam terhambat persoalan lahan dan infrastruktur.

Sebab, keterbatasan lahan yang dimiliki serta infrastruktur jalan yang belum memadai, menjadi keluhan para pelaku IKM logam asal Tegal.

Direktur IKM Wilayah II Kemenperin, Gati Wibawaningsih di Kabupaten Tegal, mengatakan, beberapa hambatan yang dihadapi pelaku IKM adalah perihal lahan. "Masalah lahan bukan masalah sepele," kata Gati di Lingkungan Industri Kecil (LIK) Dampyak, Kramat, Kabupaten Tegal, Kamis (22/11/2012).

Pihaknya harus koordinasi dengan kementerian lain untuk menyelesaikan soal lahan untuk para pelaku IKM. Tidak hanya itu, soal infrastruktur juga menjadi hambatan utama. "Kalau Anda jadi pengusaha, pasti ingin pengiriman barang bisa lancar dan ontime," tandasnya.

Tapi, harus bagaimana ketika infrastruktur jalan memang tidak memungkinkan untuk lancar dalam pengiriman barang dan sebagainya.

Ia merasa lega karena Presiden SBY pernah menyampaikan jika infrastruktur akan diperbaiki. "Yang bilang Presiden dan bukan saya," terang Gati. Jadi, lanjutnya, pelaku usaha IKM harap bersabar sedikit dalam menghadapi hambatan tersebut.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6028 seconds (0.1#10.140)