BPR fasilitasi nasabahnya dengan STKE

Jum'at, 30 November 2012 - 19:38 WIB
BPR fasilitasi nasabahnya dengan STKE
BPR fasilitasi nasabahnya dengan STKE
A A A
Sindonews.com - Bank Perkreditan Rakyat (BPR) di Jawa Timur akan memanjakan nasabahnya dalam melakukan transfer dana dengan mudah dan cepat. Hal ini berkat Sistem Transfer Kredit Elektronik (STKE) BPR yang merupakan terobosan baru sistem pembayaran di Indonesia.

Dalam peresmiannya oleh Gubernur Bank Indonesia (BI) Darmin Nasution mengatakan jika sistem ini membuat BPR memiliki akses transfer dana kepada seluruh bank peserta kliring. Peserta kliring ini merupakan bagian dari sistem kliring nasional bank indonesia (SKNBI). "Ini merupakan terobosan sistem pembayaran nasional," ujar Darmin dalam siaran persnya, Jumat (30/11/2012).

Manfaat STKE ini ialah akses layanan sistem pembayaran baik antar BPR ataupun kepada bank umum. Selain itu layanan ini akan meningkatkan fee based income BPR dari layanan transfer dana.

Sebelum hadirnya sistem ini, transfer dana antar BPR dilakukan melalui bank umum sehingga BPR harus terlebih dahulu memiliki rekening di beberapa bank umum. Hal tersebut dilakukan karena BPR tidak memiliki akses langsung untuk sistem transfer dana.

"Sekarang BPR cukup memiliki satu rekening di bank pengayom BPR dan akan diteruskan ke anggota lainnya," ujarnya.

STKE BPR rencananya akan dikembangkan di seluruh wilayah Indonesia secara bertahap dan BPR Jatim menjadi proyek ujicoba. Jatim dipilih karena eksistensi Bank Jatim sebagai bank pengayom yang cukup berhasil. Dari 330 BPR yang ada, 83 persenya telah menjadi bank pengayom BPR.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5385 seconds (0.1#10.140)