Saatnya Mengganjar Merek-merek yang Telah Berinovasi

Kamis, 24 Februari 2022 - 19:19 WIB
loading...
Saatnya Mengganjar Merek-merek yang Telah Berinovasi
Perusahaan harus terus berinovasi agar bertahan dihajar pandemi. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Untuk pertama kalinya program “Product & Service of The Year 2022” digelar. Program ini dihadirkan sebagai bentuk apresiasi atau rekognisi kepada merek-merek yang terlah berhasil melakukan inovasi dengan menghadirkan produk atau layanan terbaru.



“Rekognisi ini diharapkan dapat mendorong dunia usaha untuk terus menciptakan inovasi-inovasi demi memberikan produk dan layanan yang terbaik bagi konsumen Indonesia. Rekognisi diharapkan dapat mendorong brand untuk selalu relevan dengan berbagai perubahan,” ungkap Lis Hendriani, Pemimpin MIX MarComm, Kamis (24/2/2022).

Mayoritas inovasi yang dihadirkan oleh 20 pemenang “Product & Service of The Year 2022” adalah untuk menjawab kebutuhan konsumen di masa pandemi. Ada pula inovasi beyond pandemic untuk menangkap pasar baru atau sebagai upaya revitalisasi merek.

Pemenang “Product & Service of The Year 2022” untuk kategori Pandemic Product Innovation, Es krim Campina, misalnya, menghadirkan inovasi berupa produk es krim dengan kandungan Vitamin C sebesar 90mg. Kandungan tersebut dinilai mencukupi untuk kebutuhan vitamin C harian seseorang, terutama di masa pandemi.

Diterangkan Lis, untuk melihat inovasi yang dilakukan pelaku bisnis di Indonesia selama dan jelang berakhirnya pandemi, MIX MarComm meriset secara random sekitar 100 produk dan servis yang diluncurkan ke pasar pada dua tahun terakhir (2020-2021).



Entries produk dan servis baru hasil inovasi tersebut dikelompokkan ke dalam empat kategori entries, yaitu Pandemic Product Innovation, Pandemic Service Innovation, Blue Ocean Product Innovation, dan Blue Ocean Service Innovation.

Selanjutnya, inovasi produk dan servis tersebut dievaluasi oleh tiga orang juri berpengalaman di dunia marketing dan branding, yaitu Amalia E. Maulana PhD (Associate Professor di Binus University dan founder Etnomark Consulting), Dr. A. Edhy Aruman (Senior Editor SWA Media Group yang juga aktif menjadi faculty member Ilmu Komunikasi di LSPR Business & Communications Institute dan Universitas Indonesia), dan Simon Jonatan (mantan President Director PT Bintang Toedjoe).

“Para juri melakukan evaluasi terhadap masing-masing entries berdasarkan tiga kriteria, yaitu Level of Innovation, Level of Investment, dan Level of Risk. Berdasarkan penilaian para juri tersebut, selanjutnya ditentukan peraih penghargaan PRODUCT & SERVICE OF THE YEAR 2022, di mana dari keempat kategori terpilih masing-masing lima pemenang,” pungkas Lis.

Berikut ini adalah beberapa 20 pemenang “PRODUCT & SERVICE OF THE YEAR 2022”, kategori BLUE OCEAN PRODUCT INNOVATION: Indofood CBP Sukses Makmur-Pop Mie Pake Nasi (PaNas), Kobe Boga Utama - Mi BonCabe. Kategori BLUE OCEAN SERVICE INNOVATION: CGV Indonesia - Bioskop Sultan CGV, Wisanka Indonesia - Wisanka Outdoor Virtual Reality Showroom.



Kategori PANDEMIC PRODUCT INNOVATION Yoshinoya Indonesia - Yoshinoya Beef & Chicken Pack, Bumi Berkah Boga - Kopi Kenangan RTD Coffee. Kategori PANDEMIC SERVICE INNOVATION: Shopee Indonesia – ShopeePay, Traveloka - Inovasi Fitur Traveloka.
(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1172 seconds (0.1#10.140)