alexametrics

Akhir tahun, PAD Polman baru tercapai 70%

loading...
Akhir tahun, PAD Polman baru tercapai 70%
Ilustrasi
A+ A-
Sindonews.com - Target Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Polewali Mandar (Polman), Sulawesi Barat (Sulbar), yang diproyeksikan pada tahun ini sepertinya tidak akan tercapai sesuai target yang ditetapkan.

Hingga menjelang tutup tahun, realisasi pencapaian PAD ternyata masih berkisar di angka 70 persen atau sekira Rp23,590 miliar dari target PAD tahun ini sebesar Rp33,7 miliar. Artinya, Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) masih harus mengejar sisa yang belum tercapai sekira Rp10,110 miliar.

Kepala Dispenda Polman, Suaib Kambo, mengaku pesimis bisa merealisasikan target PAD yang ditetapkan tersebut. Paling tidak yang bisa dicapai dari target hingga 80-85 persen.



“Realisasi PAD yang baru 70 persen itu adalah capaian terakhir pada minggu kedua November. Sementara, dari minggu ketiga hingga sekarang belum direkap datanya,” ujar Suaib Kambo, Senin, (10/12/2012).

Dikatakan Suaib, karenanya, perkiraan pencapaian hingga 85 persen tersebut cukup realistis untuk bisa dicapai hingga akhir tahun ini. Tapi, tidak menutup kemungkinan juga, capaiannya bisa sesuai target yang diproyeksikan.

Meski capaian PAD tidak bisa memenuhi target, namun, seluruh sumber pendapatan yang diproyeksikan dalam APBD tahun ini sebesar Rp724, 636 miliar. Bisa mencapai hingga 98 persen.

Karena itu, Suaib berharap dengan sisa waktu yang beberapa minggu kedepan, para SKPD bisa menggenjot sumber pendapatan yang ditangani. Sebab, jika SKPD serius dalam memungut pendapatan, ia yakin PAD yang ditargetkan bia terwujud. Paling tidak menghampiri target.

Sebelumnya, Mahyadin Mahdi, dari komisi II DPRD Polman, mengaku pesimis target PAD akan bisa terealisasi. Apalagi, sisa waktu hanya dua minggu lagi.

Karenannya, Mahyadin berharap, pada 2013 mendatang, Pemkab harus membuat formula baru dalam menggenjot sumber-sumber pendapatan daerah. Hal itu, agar apa yang ditargetkan bisa tercapai.
(gpr)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak