Jokowi Resmikan Tol Manado-Bitung, Waktu Tempuh Kini Hanya 30 Menit

Jum'at, 25 Februari 2022 - 16:15 WIB
loading...
Jokowi Resmikan Tol Manado-Bitung, Waktu Tempuh Kini Hanya 30 Menit
Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari ini meresmikan jalan tol Manado-Bitung sepanjang 39,8 kilometer (Km). Foto/youtube/tangkapan layar
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari ini meresmikan jalan tol Manado-Bitung sepanjang 39,8 kilometer (Km).Peresmian dilakukan setelahkonstruksi jalan tol Manado-Bitung Seksi 2B Ruas Danowudu-Bitung sepanjang 13,5 Km rampung.

Presiden menyatakan keberadaan Tol Manado-Bitung akan mempermudah pengiriman logistik, mobilitas barang, dan mobilitas orang dari Manado ke Bitung dan Manado ke Pelabuhan Internasional Bitung.

"Sore hari ini Jalan Tol Manado-Bitung seksi 2B sepanjang 13,5 Km telah rampung dan telah selesai. Dengan demikian seluruh Jalan Tol Manado-Bitung sepanjang 39,8 Km tuntas dan siapa dimanfaatkan untuk mendukung seluruh aktivitas masyarakat di Sulawesi Utara," kata Jokowi dalam peresmian tersebut, Jumat (25/2/2022).



Tak hanya itu, lanjut Kepala Negara, keberadaan Tol Manado-Bitung juga akan memangkas waktu tempuh masyarakat dari sebelumnya mencapai 1,5 hingga 2 jam menjadi hanya 30 menit.

Penyelesaian Tol Manado-Bitung Seksi 2B Ruas Danowudu-Bitung ini melengkapi tiga seksi lainnya sepanjang 26,35 Km yang sudah lebih dulu dioperasikan pada tahun 2020 lalu.



Direktur Utama PT Jasamarga Manado Bitung (JMB) Charles Lendra menjelaskan, integrasi penuh Jalan Tol Manado-Bitung ini diharapkan dapat memberikan dampak positif pada peningkatan volume lalu lintas jalan tol.

Menurut Charles, ketika beroperasi nanti, akan ada satu gerbang tol baru sebagai akses masyarakat untuk masuk ke Jalan Tol Manado-Bitung, yaitu Gerbang Tol (GT) Bitung yang terkoneksi dengan Jalan Ir Soekarno, yang merupakan akses terdekat menuju Pelabuhan Internasional Bitung.



Dia menyebut bahwa penyelesaian tol ini juga bisa menjadi harapan baru bagi percepatan penyelesaian Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Bitung, Sulawesi Utara.
(ind)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2052 seconds (0.1#10.140)