Uni Eropa Jatuhkan Sanksi Ekonomi Terbesar Sepanjang Sejarah ke Rusia

Jum'at, 25 Februari 2022 - 18:21 WIB
loading...
Uni Eropa Jatuhkan Sanksi Ekonomi Terbesar Sepanjang Sejarah ke Rusia
Sanksi ekonomi Uni Eropa ke Rusia bakal melumpuhkan sektor keuangan dan perbankan. Foto/Reuters
A A A
JAKARTA - Serangan militer Rusia kepada Ukraina membuat negara-negara di Uni Eropa sepakat menjatuhkan sanksi ekonomi terhadap Rusia. Chief European Commission Uni Eropa Ursula Von Der Leyen mengatakan, sanksi yang diberikan kepada Rusia akan berdampak pada sistem keuangan, perbankan, hingga pangsa pasar yang berada di benua Eropa.



"Dengan paket sanksi ini, kami akan menargetkan sektor strategis yang dimiliki ekonomi Rusia dengan memblokir akses mereka terhadap teknologi dan pasar yang menjadi kunci ekonominya," ujar Ursula seperti dikutip dari Reuters, Jumat (25/2/2022).

Dengan penjatuhan sanksi tersebut nantinya juga akan membekukan aset dan memblokir akses perbankan Rusia yang berada di Eropa. Targetnya 70% pasar perbankan dan perusahaan milik Rusia akan ditutup di Eropa.

Bahkan Ursula mengklaim sanksi tersebut merupakan yang terbesar yang pernah dijatuhkan organisasinya kepada sebuah negara. Dampak dari penjatuhan sanksi tersebut diperkirakan akan menaikan inflasi Rusia. Sanksi lain yang juga akan diberikan adalah penghentian akses material untuk kebutuhan sektor minyak bumi di Rusia.



Seperti diketahui, sejak beberapa hari lalu militer Rusia menginvasi Ukraina setelah Presiden Rusia Vladimir Putin menyatakan perang. Serangan tersebut mengakibatkan beberapa warga sipil meninggal, sebagian kota hancur hingga masyarakat yang harus mengungsi menghindari serangan militer Rusia.

(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1629 seconds (0.1#10.140)