alexametrics

Agis targetkan tambang emas berproduksi Q2/2013

loading...
Agis targetkan tambang emas berproduksi Q2/2013
Ilustrasi
A+ A-
Sindonews.com - PT Agis Tbk melalui anak perusahaan yang bergerak di sektor tambang, Agis Resources menargetkan tambang emas yang akan diakuisisinya di Sumatera Barat akan mulai beroperasi pada kuartal II tahun depan pasca ditandatanganinya perjanjian jual beli (sales and purchase agreement/SPA) antara Agis Resources dengan satu perusahaan pemilik konsensi tambang emas di wilayah tersebut.

Adapun penandatanganan SPA ditargetkan terealisasi pada kuartal I/2013. Perseroan baru-baru ini baru saja menandatangani conditional sale and purchase agreement (CSPA). Saat ini, perseroan melakukan uji tuntas terkait aksi korporasi tersebut.

Dalam akuisisi ini, perseroan akan memiliki 60 persen saham perusahaan pemiliki konsensi tambang tersebut. "Kita targetkan kuartal II tahun 2013 (tambang emas berproduksi)," kata Sekretaris Perusahaan PT Agis Mohammad Noor Syahriel di Jakarta, Senin (17/12/2012).



Dia menjelaskan, konsensi pertambangan emas di Sumatera Barat milik anak perusahaan perseroan memiliki cadangan emas dua jenis, yakni alluvial dan primer. Cadangan emas di Sumatera Barat cukup bagus dibanding primer lantaraan untuk produksi emas primer perlu tahapan lebih lanjut, berupa pengeboran untuk pemetaan cadangan deposit pada tambang itu.

Untuk produksi tambang emas yang baru diakuisisi ini, dia menyebut, perusahaan akan memproduksi emas alluvial, namun juga tidak menutup kemungkinan memproduksi emas primer. Ini disesuaikan dengan kondisi kedepan. "(Tambang itu) untuk produksi yang emas alluvial. Kita kan memproduksi emas dua jenis, satunya alluvial dan primer. Hanya saja kita lihat nanti kondisinya bagimana," ujar dia.

Disingung mengenai estimasi produksi emas di tambang miliknya, dia mengaku, belum bisa memprediksi lantaran masih dilakukan perhitungan. "Kalau untuk estimasi produksi masih belum tahu karena kita mau melakukan test sampling lagi, jadi butuh lagi perhitungan. Nanti kalau sudah selesai baru bisa diketahui perhitungannya berapa," tuturnya.

Dengan akuisisi ini, maka anak perusahaaan Agis ini memiliki dua tambang emas di Sumatera Barat. Satu tambang emas memiliki izin usaha pertambangan (IUP) seluas 5.000 hektare (ha) dan satu tambang baru memiliki IUP 2.500 ha.
(rna)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak