2013, ekonomi rumah tangga diprediksi memburuk

Senin, 24 Desember 2012 - 16:32 WIB
2013, ekonomi rumah tangga diprediksi memburuk
2013, ekonomi rumah tangga diprediksi memburuk
A A A
Sindonews - Krisis ekonomi yang melanda Eropa tahun ini berpengaruh pada pertumbuhan ekonomi rumah tangga. Berdasarkan survei yang dilakukan terhadap rumah tangga di Inggris, mereka pesimis keuangan keluarga akan membaik pada 2013.

Survei yang dilakukan lembaga keuangan Inggris, Markit, mengenai sikap terhadap keuangan keluarga, 43% rumah tangga percaya keuangan mereka akan memburuk tahun depan. Sementara 24% mengharapkan pendapatan mereka membaik.

Kondisi ini diakui Menteri Keuangan Inggris, George Osborne. Dalam pernyataannya, ia mengatakan, perekonomian pada musim gugur akan lebih rendah dari yang diharapkan. Karena itu, pihaknya berencana meningkatkan investasi.

Markit menemukan, bahwa situasi yang mendasari adalah keuangan rumah tangga berada di bawah tekanan berat akibat pendapatan rendah dan biaya hidup tinggi. Rumah tangga lebih takut kehilangan pekerjaan mereka daripada bulan sebelumnya. Sebagian besar upah diharapkan naik tetap di bawah inflasi.

Markit juga menemukan dari data regional rumah tangga di Wales, mereka paling pesimis. Apalagi angka resmi menunjukkan pertumbuhan ekonomi di sana lebih lambat dari yang diperkirakan pada kuartal ketiga. Kondisi ini membuat kementerian keuangan dituntut kerja ekstra keras dengan strategi ekonomi agar kemampuan belanja rumah tangga kembali meningkat. So, bagaimana dengan kondisi ekonomi rumah tangga di Indonesia tahun depan.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3888 seconds (0.1#10.140)