alexametrics

Tokyo perbaiki hubungan ekonomi dengan Beijing

loading...
Tokyo perbaiki hubungan ekonomi dengan Beijing
Tokyo perbaiki hubungan ekonomi dengan Beijing
A+ A-
Sindonews – Sengketa pulau Senkaku atau Diaoyus telah memperburuk hubungan ekonomi Tokyo dan Beijing. Kondisi ini menjadi ancaman bagi kekuatan ekonomi Asia. Jepang yang memiliki kepentingan besar terhadap sektor ekonomi berupaya memperkuat kembali hubungan dengan China.

"Misi nomor satu saya adalah meningkatkan hubungan Jepang-China. Saya akan menjelaskan kepada pejabat senior China, kita perlu membuat hubungan ekonomi lebih hangat di tengah situasi politik yang mendingin. Apalagi perusahaan Jepang berkontribusi besar terhadap perekonomian China," kata Masato Kitera, diplomat karier Jepang seperti dilansir dari The Economic Times, Senin (24/12/12).

Hubungan Jepang-China memburuk pada September lalu, setelah Tokyo menasionalisasi pulau-pulau yang menjadi sengketa. Langkah tersebut memicu kemarahan sebagian besar rakyat China dengan memboikot bisnis dan produk dari Jepang. Walhasil, ekspor Jepang ke China anjlok 14,5 persen.



Beijing juga telah memboikot berbagai acara yang digelar kedua negara. Termasuk keputusan untuk tidak mengirim menteri keuangan dan kepala bank sentral ke Tokyo dalam pertemuan dengan IMF dan Bank Dunia, Oktober lalu.
(dmd)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak